Diduga Hina Nabi Muhammad SAW, Muslim India Tuntut Jubir Partai PM Modi Dipenjara

Diduga Hina Nabi Muhammad SAW, Muslim India Tuntut Jubir Partai PM Modi Dipenjara

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 29 Mei 2022 - 20:35
share

NEW DELHI Juru bicara (jubir) partai yang berkuasa di India Partai Bharatiya Janata Party (BJP), Nupur Sharma, memicu kemarahan umatIslam negara itu. Sharma diduga telah menghina Nabi Muhammad SAW dan mengolok-olok Al-Quran .

Dalam sebuah diskusi yang disiarkan stasiun televisi Indian Times Now pada tanggal 26 Mei, Sharma diduga mengolok-olok Al-Quran karena mengatakan bahwa "Bumi itu datar." Pernyataannya tentang Nabi Muhammad SAW juga telah memicu kemarahan besar-besaran di kalangan umat Muslim India .

Nabi Muhammad menikahi seorang gadis berusia enam tahun dan kemudian berhubungan seks dengannya pada usia sembilan tahun, kata Sharma dalam video tersebut seperti dikutip dari Sputnik , Minggu (29/5/2022).

Video itu sendiri telah dihapus oleh stasiun televisi tersebut.

Raza Academy, sebuah organisasi pendidikan dan budaya Islam, mengatakan pada Sabtu malam bahwa pihaknya mendekati Komisaris Polisi Mumbai dan menuntut penangkapan Sharma atas pernyataan "penghinaannya".

"Komisaris Polisi yang Terhormat segera memerintahkan kantor Polisi Pydhonie untuk mengajukan Laporan Informasi Pertama (FIR) di bawah Bagian 295A KUHP India, 153A aur 505B terhadapnya di bawah bagian ketat yang diajukan larut malam hari ini," Raza Academy memposting pernyataannya di media sosial.

Sementara Bagian 295A dari hukum India menyangkut diri sendiri dengan "sentimen agama yang keterlaluan", Bagian 153A berurusan dengan orang-orang yang dituduh "mempromosikan permusuhan" di antara kelompok atau komunitas agama yang berbeda.

Bagian 505B dari IPC mendakwa orang-orang yang dituduh menghasut pelanggaran "terhadap keadaan ketenangan masyarakat.

Dalam pengaduan yang diajukan ke Kantor Polisi Ambajogai di negara bagian Maharashtra pada hari Sabtu, Partai Tipu Sultan (TSP) mengklaim bahwa komentar Nupur Sharma "berpotensi menyebabkan kerusuhan sipil".

Tindakan Nupur Sharma mempromosikan perasaan permusuhan, kebencian atau niat buruk antara kelompok atau komunitas agama dan regional yang berbeda, menyebabkan kerusuhan dan gangguan sipil, tulis pengaduan tersebut.

Lebih lanjut ditambahkan bahwa Sharma dapat dianggap sebagai ancaman internal terhadap perdamaian dan harmoni negara.

Selain beberapa keluhan polisi, juru bicara BJP juga menghadapi kemarahan komunitas Muslim India atas pernyataan kontroversialnya.

Mukhtar Ansari, seorang anggota parlemen negara bagian lima periode dari Uttar Pradesh, mengatakan dalam sebuah postingan bahwa pihak berwenang harus mengambil "tindakan tegas" terhadap Sharma.

Penyebar kebencian ini harus berada di balik jeruji besi, ujar Sadaf Jafar, seorang politisi dari partai oposisi federal Kongres.

Jafar juga menolak argumen Sharma bahwa video pernyataannya yang beredar di media sosial telah "diedit secara besar-besaran" oleh Mohammed Zubair, salah satu pendiri situs pemeriksa fakta Alt News.

Zubair adalah salah satu orang pertama yang memposting klip pernyataan kontroversial Sharma dan menuntut penangkapannya.

Mengikuti postingan Zubair, Sharma mengklaim bahwa dia mulai menerima ancaman pembunuhan dan pemerkosaan, termasuk ancaman pemenggalan kepala terhadapnya dan anggota keluarga.

Sharma lebih lanjut menuduh Zubair "menciptakan narasi palsu" dan menghasut "gairah komunal".

Zubair sendiri telah menolak tuduhan bahwa dia mengedit video tersebut.

(esn)

Topik Menarik