Kenali Gejala, Penyebab dan Pengobatan Flu Singapura

Kenali Gejala, Penyebab dan Pengobatan Flu Singapura

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 25 Mei 2022 - 15:21
share

KENALI gejala, penyebab, dan pengobatan flu Singapura yang perlu diketahui para orang tua. Pada dasarnya flu Singapura memang tidak berbahaya, tidak memerlukan perawatan spesifik, dan biasanya hilang dalam 2 minggu.

Namun, dalam kasus langka, flu Singapura pada anak dapat menyebabkan komplikasi serius seperti meningitis, polio, dan bahkan kematian. Flu Singapura atau yang bisa disebut sebagai penyakit Tangan kaki dan Mulut (HFMD) memang sering terjadi pada anak-anak berusia 0-6 tahun.

Meskipun secara umum tidak berbahaya, tapi jika tidak ditangani dengan benar maka bisa menyebabkan komplikasi serius. Gejala, penyebab, dan pengobatan flu Singapura atau dikenal penyakit tangan kaki dan mulut dapat dikenali dari gejala seperti tubuh demam dan muncul ruam-ruam di area tangan, kaki, dan mulut.

Flu Singapura

Itu kenapa nama penyakitnya begitu, karena mengacu pada gejala klinis yang muncul di tubuh. Virus penyebab flu Singapura hidup di cairan hidung dan tenggorokan, air liur, tinja, serta cairan dari lepuh pada kulit.

Selain itu penularan HFMD melalui kontak langsung dengan si pasien, bisa lewat air liur, cairan pada kulit yang melepuh, pun kotoran pasien. Kebersihan diri menjadi kunci pencegahan paling utama.

Nah, bicara soal komplikasi dari penyakit tangan kaki dan mulut, bahwa ada penyakit serius yang mengintai jika HFMD tidak ditangani dengan baik dan benar.

Topik Menarik