4 Cara Memilih dan Mengolah Daging yang Sehat agar Terhindari dari PMK

4 Cara Memilih dan Mengolah Daging yang Sehat agar Terhindari dari PMK

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 24 Mei 2022 - 15:19
share

PENYAKIT mulut dan kuku (PMK) pada sapi tengah menyebar. Anda perlu pintar-pintar memilih daging. Wabah ini menyerang hewan berkuku, termasuk kambing, rusa, dan sapi. Penyebab PMK adalah virus dari famili Picornaviridae, genus Aphthovirus.

Pada hewan, gejala penyakit mulut dan kaki ditandai dengan demam akut dan muncul lepuh terutama di bagian mulut dan kaki. Hewan yang terinfeksi mengeluarkan banyak partikel virus sebelum tanda-tanda klinis muncul.

Karena merebaknya PMK, kita harus waspada khususnya dalam memilih daging. Bagaimana cara memilih daging bebas penyakit mulut dan kuku sapi? Simak ulasannya menurut dr. Devia Irine Putri yang dikutip dari Klikdokter berikut ini.

1. Pastikan Pilih Daging Segar

Tips Memilih Daging

Anda harus membeli daging yang terjamin kesegarannya. Daging yang baik memiliki warna merah segar dan kenyal, tidak berlendir dan lembek, serta tidak bau busuk, ucap dr. Devia.

2. Cuci Daging Sampai Bersih

Setelah membeli daging, cuci dengan air bersih sebelum dimasak. Jika daging tidak ingin langsung dimasak, jangan dicuci dulu. Lebih baik pindahkan ke wadah yang kedap udara lalu simpan di freezer.

Topik Menarik