Loading...
Loading…
Covid-19 Kian Terkendali, Wamenkes Sebut Indonesia Mulai Percaya Diri

Covid-19 Kian Terkendali, Wamenkes Sebut Indonesia Mulai Percaya Diri

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | IDX Channel | Senin, 23 Mei 2022 - 18:19

IDXChannel - Perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia, dianggap terkendali. Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan Indonesia mulai percaya diri (PD) untuk keadaan lebih baik.

Hal tersebut disampaikan saya rapat kerja (Raker) bersama Komisi IX DPR RI secara live streaming. Wamenkes Dante menerangkan jika salah satu, alasannya yaitu persentase antibodi masyarakat Indonesia meningkat.

"Kelihatannya kita sudah mulai agak pd terhadap situasi ini (covid), mungkin karena angka antibodi SARS-CoV-2 di kita semakin baik," ujar Wamenkes Dante, Senin (23/5/2022).

Lebih lanjut, Dante mengatakan jika angka antibodi masyarakat Indonesia meningkat hampir mencapai angka 100 persen. Sehingga angka kasus Covid-19 di Indonesia tidak terlalu naik secara signifikan.

Penelitian survei serologi atau antibodi Indonesia, telah dilakukan dua kali. Mulai Desember 2021 dan Maret 2022, hasilnya cukup baik dan masyarakat kebal terhadap Covid-19.

"Penelitian antibodi terhadap covid 19 yang diselenggarakan dua kali di Desember 2021 dan di Maret 2022 di Maret 2022. Sudah ada 99,6 orang-orang di populasi masyarakat, yang diperiksa antibodinya sudah menunjukkan hasil positif sehingga kebal terhadap Covid-19," tambahnya

Siap Beralih ke Endemi?

Wamenkes Dante memberikan respon terkait apakah Indonesia siap memasuki fase endemi. Menurutnya saat ini belum bisa, dikatakan sebagai fase endemi karena masih dalam status pandemi dengan fase terkendali.

Dante pun menambahkan alasan mengapa Indonesia masih tetap di Pandemi dengan situasi yang terkendali. Sebab jumlah kasus pascalebaran, atau adanya peningkatan mobilitas saat lebaran, dilihat masih terkendali alias tidak terjadi kenaikan kasus secara signifikan.

"Bapak dan ibu sekalian berbicara mengenai apakah kita bisa masuk pandemi?. Sebenarnya ada beberapa fase yang harus kita lewati dari pandemi kemudian deselerasi, terkendali eliminasi, dan eradikasi," jelas Dante

"Karena ini tidak menyebabkan destruksi pada aktivitas sosial masyarakat, angkanya semakin menurun dan dapat diprediksi secara stabil konfirmasi kasusnya setiap hari," ucap Dante

(NDA)

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{