Sederet Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan

Sederet Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 23 Mei 2022 - 12:39
share

JAKARTA, celebrities.id - Totok wajah merupakan terapi yang memadukan dua metode, yaituacupressure(pijat atau tekan) dan bioenergi (tenaga dalam).Totok melibatkan penekanan di titik-titik tertentu pada wajah dengan menggunakan jari atau alat bantu khusus.

Totok wajah memiliki risiko yang minimal dan dapat dilakukan pada semua umur. Meski tidak ada batas umur untuk totok wajah, sebaiknya totok tidak dilakukan pada anak. Karena, pijatan pada wajah anak dapat menimbulkan rasa yang kurang nyaman.

Bagaimana proses dan manfaat totok wajah? Simak lebih lanjut berikut ini.

Proses Totok Wajah

Perawatan kecantikan dengan totok wajah membutuhkan keterampilan tertentu dan harus dilakukan oleh ahlinya. Praktisi totok wajah menggunakan jemari untuk merangsang titik tekanan di seluruh wajah.

Berikut tahapan totok wajah:

Tahap Pertama

Setelah wajah dibersihkan dengan lembut, terapi dimulai dengan beberapa pijat ringan di tubuh untuk mengendurkan otot. Terapis harus memastikan Anda merasa nyaman dengan tingkat tekanan yang diberikan.

Pijatan berfokus pada daerah wajah, leher, dan punggung bagian atas. Pijatan ini akan membuat tubuh relaks dan melancarkan peredaran darah sebelum masuk ke bagian inti, yaitu wajah.

Tahap Kedua

Selanjutnya melibatkan totok dan memijat wajah. Dengan lebih dari 360 titik yang distimulasi, cara ini dianggap sebagai fase pengobatan yang paling intens.

Sama seperti saat dipijat, terapis akan membagi daerah wajah menjadi kanan dan kiri. Pada fase ini, biasanya terapis juga akan memberikan krim nutrisi.

Sebagian besar titik tekanan yang dirangsang selama totok wajah terletak di area sekitar alis dan mata, serta sepanjang sisi dahi, tulang pipi, dan dagu.

Lalu, terapis akan mengaplikasikan masker untuk meningkatkan kesegaran kulit agar manfaat totok wajah untuk kecantikan lebih maksimal.

Tahap Ketiga

Langkah terakhir, terapis akan melakukan pemijatan pada beberapa area wajah, seperti area garis senyum, pelipis, alis bagian atas, dan daerah pangkal hidung

Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan

Manfaat totok wajah untuk kesehatan dan kecantikan adalah mengaktifkan titik-titik aura pada wajah. Wajah akan terlihat lebih cerah, kencang, dan awet muda. Terapi kecantikan totok wajah juga memberikan manfaat sebagai berikut:

Melancarkan Peredaran Darah di Wajah

Teknik-teknik yang digunakan dalam totok wajah mampu merangsang peredaran darah. Dengan begitu, peredaran darah lebih lancar dan nutrisi untuk kulit wajah terpenuhi dengan baik.

Mengurangi Ketegangan Otot Wajah

Ketika otot wajah tegang, maka memicu timbulnyakeriput. Manfaat totok wajah dapat menguranginya dan memberikan efek penampilan yang lebih santai.

Efek relaksasi ini juga akan menyebar ke seluruh tubuh. Lamanya terapi ini bergantung pada jenis kulit yang Anda miliki.

Membantu Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori yang membesar pada kulit wajah pasti sangat mengganggu penampilan. Selain itu, kulit muka akan lebih gampangberjerawat.

Bagi Anda yang memiliki masalah ini, tidak usah khawatir. Lakukanlah perawatan totok wajah secara rutin untuk mengatasinya.

Meningkatkan Produksi Kolagen

Manfaat totok wajah untuk kecantikan yang lainnya adalah meningkatkan produksi kolagen.

Sinar matahari, kurang tidur, dan makanan tinggi gula dapat menurunkan produksi kolagen. Oleh sebab itu, tak sedikit wanita yang mengalami penuaan dini terutama pada kulit muka.

Fungsi totok wajah secara rutin akan meningkatkan aliran darah pada wajah sekaligus merangsang pembentukan kolagen, sehingga mencegah penuaan dini.

Mencegah Keriput

Stres yang dialami sehari-hari sering mengakibatkan ketegangan pada otot. Alhasil, timbullah garis-garis keriput pada dahi, alis, dan sepanjang garis bibir. Kondisi ini merupakan tanda penuaan dini.

Pijatan lembut pada wajah secara rutin dapat membantu mengendurkan otot dan mengurangi kerut wajah.

Meremajakan Kulit

Kegunaan totok wajah dapat merangsang aliran darah, sehingga membuat kulit tampak lebih segar dan bersinar. Anda pun akan terlihat lebih muda.

Membantu Penyerapan Riasan

Teknik pemijatan pada wajah dapat merangsang sirkulasi darah. Kondisi ini membantu produk kosmetik yang Anda gunakan terserap lebih mudah ke kulit.

Riasan Anda pun bisa bertahan lebih lama, sehingga wajah selalu terlihat segar.

Kulit Wajah yang Lebih Bercahaya

Totok wajah bermanfaat menstimulasi otot-otot wajah dengan membawa oksigen ke area yang berisiko terkena penuaan dini.

Kelancaran aliran darah dan oksigen membuat kulit muka lebih berenergi, sehingga memberikan efek kulit bercahaya yang sehat dan alami.

Memperindah Bentuk Wajah

Beberapa wanita memiliki bentuk wajah tertentu, misalnya terlihatchubbyatau bahkan kurang simetris akibat alis yang tinggi sebelah.

Nah,manfaat totok wajah secara rutin dapat meningkatkan tonus otot sekaligus kontur wajah. Alhasil, wajah terlihat simetris dan tirus.

Meningkatkan Detoksifikasi pada Kulit Wajah

Setiap hari tanpa disadari Anda terpapar oleh polusi, stres, dan makanan yang kurang sehat. Hal tersebut meningkatkan racun yang juga berdampak langsung ke kulit.

Penekanan pada titik wajah tertentu dapat membantu meningkatkan drainase limfatik untuk mengeluarkan racun-racun di kulit muka.

Itulah manfaat dari totok wajah untuk kecantikan. Sebenarnya tidak ada anjuran khusus harus melakukan totok wajah berapa kali. Tapi, mungkin Anda bisa rutin melakukannya sekitar 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan manfaat totok wajah yang diinginkan.

Meskipun terlihat mudah dan cukup efektif membuat kulit wajah lebih cantik, lakukanlah totok wajah hanya dengan ahli yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi jelas.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kecantikan kulit, konsultasi dengan dokter kulit via Live Chat. Dapatkan tips kecantikan wajah lainnya di aplikasi KlikDokter!

Topik Menarik