KPK Geledah Ruang Kerja Wakil Wali Kota Ambon, Ada Catatan Tangan Berkode Khusus

KPK Geledah Ruang Kerja Wakil Wali Kota Ambon, Ada Catatan Tangan Berkode Khusus

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 23 Mei 2022 - 12:19
share

JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah empat lokasi untuk mencari bukti tambahan kasus dugaan suap terkait pengurusan izin pembangunan gerai AlfaMidi di Kota Ambon pada Jumat, 20 Mei 2022.

Empat lokasi yang digeledah yakni, ruang kerja Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Handler; beberapa ruangan di Kantor Bappeda Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Kemudian, Rumah kediaman Kadis PUPR Pemkot Ambon; serta Rumah kediaman Kepala Bappeda Pemkot Ambon.

"Tim penyidik, Jumat 20 Mei 2022, telah selesai melaksanakan upaya paksa penggeledahan di beberapa lokasi di wilayah Kota Ambon tersebut," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Senin (23/5/2022).

Dari empat lokasi tersebut, penyidik menemukan dan mengamankan banyak dokumen. Salah satu dokumen yang diamankan penyidik, ditemukan ada catatan tangan berkode khusus. Diduga, itu berkaitan dengan kasus suap yang menjerat Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy (RL) ini.

"Dari empat lokasi dimaksud, kemudian ditemukan dan diamankan berbagai bukti antara lain berbagai dokumen dengan adanya catatan tangan berkode khusus yang diduga kuat berkaitan dengan perkara," Bebe Ali.

"Analisa dan penyitaan atas temuan berbagai dokumen tersebut segera dilakukan untuk kembali dikonfirmasi pada para pihak yang dipanggil sebagai saksi termasuk para tersangka," sambungnya.

Diketahui sebelumnya, KPK telah menetapkan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy (RL) sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait persetujuan izin prinsip pembangunan cabang ritel atau gerai minimarket di wilayahnya. Richard Louhenapessy juga ditetapkan sebagai tersangka penerimaan gratifikasi lainnya.

Selain Richard Louhenapessy, KPK juga menetapkan dua tersangka lainnya yakni, Staf Tata Usaha Pimpinan pada Pemkot Ambon, Andrew Erin Hehanussa (AEH) dan Karyawan AlfaMidi Kota Ambon, Amri (AR).

Topik Menarik