Loading...
Loading…
2.439 Tentara Ukraina Menyerahkan Diri, Putin Janji Perlakukan Prajurit Sesuai Hukum Internasional

2.439 Tentara Ukraina Menyerahkan Diri, Putin Janji Perlakukan Prajurit Sesuai Hukum Internasional

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Okezone | Sabtu, 21 Mei 2022 - 11:18

UKRAINA - Menurut pejabat Rusia , total 2.439 pejuang atau tentara Ukraina kini telah menyerahkan dari pabrik baja Azovstal dalam beberapa hari terakhir.

Moskow tidak merilis informasi tentang ke mana tentara yang pergi hari ini dievakuasi, tetapi bus sebelumnya telah dikirim ke wilayah yang dikuasai Rusia.

Sebuah video yang dirilis oleh kementerian pertahanan Rusia, yang tidak dapat diverifikasi oleh BBC, tampaknya menunjukkan barisan pria tak bersenjata mendekati tentara Rusia di luar pabrik dan menyebutkan nama mereka. Orang-orang Rusia kemudian dengan hati-hati menggeledah setiap orang dan harta benda mereka.

Evakuasi pada Jumat (20/5/2022) menandai akhir dari pengepungan perang yang paling merusak, dengan kondisi Mariupol yang benar-benar hancur saat ini.

Pejabat Ukraina berharap mereka dapat dibebaskan sebagai bagian dari pertukaran tahanan tetapi itu belum dikonfirmasi oleh Moskow.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan para prajurit akan diperlakukan "sesuai dengan hukum internasional yang relevan", tetapi ada kekhawatiran atas apa yang akan terjadi pada mereka jika mereka tetap berada dalam tahanan Rusia.

Baca Juga :
Infografis Rusia Pegang Kendali Penuh Mariupol Ukraina

Namun, pada Selasa (17/5/2022) anggota parlemen Rusia mengajukan rencana untuk menyatakan pejuang resimen Azov sebagai "penjahat Nazi" yang tidak boleh menjadi bagian dari pertukaran tahanan dengan Ukraina.

Original Source

Topik Menarik

{