Ratusan Tentara Ukraina Kembali Menyerah ke Pasukan Rusia

Ratusan Tentara Ukraina Kembali Menyerah ke Pasukan Rusia

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 19 Mei 2022 - 14:17
share

MOSKOW, iNews.id Ratusan tentara Ukraina kembali menyerah ke Rusia di Kota Mariupol. Hampir 700 personel militer Kiev meletakkan senjata dan bertekuk lutut di depan Rusia.

Sebelumnya pemerintah Ukraina telah memerintahkan garnisunnya di Mariupol untuk mundur. Meski demikian, menurut Barat hasil akhir dari pertempuran di tempat itu belum terselesaikan, meski Rusia telah mengklaim menguasai penuh kota itu.

Pemimpin separatis pro-Rusia yang menguasai Mariupol, Denis Pushilin mengatakan, komandan tertinggi pejuang Ukraina yang bertahan di pabrik baja Azovstal masih berada di dalam pabrik itu. Namun, para pejabat Ukraina menolak berkomentar secara terbuka tentang nasib para pejuang.

Negara melakukan upaya maksimal untuk melakukan penyelamatan para personel kami. Informasi apa pun (yang diberikan) kepada publik dapat membahayakan proses itu, kata Juru Bicara Militer Ukraina, Oleksandr Motuzaynik, dalam konferensi pers, seperti dikutip Reuters, Kamis (19/5/2022).

Pada Selasa (17/5/2022), Ukraina mengonfirmasi ada lebih dari 250 tentaranya yang telah menyerah kepada Rusia. Akan tetapi, Kiev tidak menyebutkan berapa banyak lagi yang berada di dalam pabrik baja itu.

Sementara Rusia Rabu (18/5/2022) kemarin menyatakan, ada tambahan 694 personel militer Ukraina yang menyerah, sehingga jumlah total mereka menjadi 959 orang.

Kementerian Pertahanan Rusia pun mengunggah beberapa video yang dikatakan menunjukkan sejumlah pejuang Ukraina tengah menerima perawatan di rumah sakit setelah menyerah di Azovstal.

Mariupol adalah kota terbesar yang telah direbut Rusia sejauh ini dan memungkinkan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengklaim kemenangan dalam agresi militer yang dimulai Moskow sejak 24 Februari lalu.

Topik Menarik