Desa Wisata Jadi Destinasi Andalan saat Libur Lebaran 2022, Ini Pesan Sandiaga Uno

Desa Wisata Jadi Destinasi Andalan saat Libur Lebaran 2022, Ini Pesan Sandiaga Uno

Gaya Hidup | okezone | Kamis, 19 Mei 2022 - 05:04
share

SEJUMLAH desa wisata yang tengah dikembangkan oleh pemerintah, melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah membuahkan hasil.

Pada libur Lebaran 2022 lalu, sejumlah desa wisata diserbu para wisatawan dan memberikan dampak positif pada ekonomi kreatif (ekraf) setempat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, peningkatan kunjungan terhadap desa wisata ini dibuktikan dari beberapa laporan yang diterima dari pengelola desa wisata secara langsung, maupun sumber lainnya. Di mana meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan di desa wisata pada saat momen libur lebaran.

"Jadi, selama libur lebaran untuk memperlancar mudik, saya diberi tugas oleh Menko PMK untuk ikut terlibat dalam pengaturan manajemen mudik. Oleh karena itu, kita beri suatu pola perjalanan atau travel pattern yang jadi pilihan destinasi wisata oleh para pemudik, dan ternyata masyarakat pemudik ini menjatuhkan pilihan ke desa-desa wisata pada jalur sekitar mudik," kata Sandi.

Infografis Desa Adat di Indonesia

Ia menjelaskan, beberapa destinasi wisata yang ramai dikunjungi di antaranya Borobudur yang merupakan salah satu Destinasi Super Prioritas. Tercatat, terdapat 100 persen kenaikan okupansi homestay Desa Wisata di sekitar Candi Borobudur.

Selain itu, adanya peningkatan jumlah wisatawan, yakni 5000 orang ke Desa Wisata Tegalmulyo, Kabupaten Klaten; meningkatnya jumlah wisatawan sebanyak 400 orang ke Desa Wisata Kerapu Kabupaten Situbondo; meningkatnya jumlah wisatawan sebanyak 700 orang ke Desa Wisata Kalibiru Kabupaten Kulon Progo; dan meningkatnya penjualan paket wisata dengan jumlah wisatawan sebanyak 1.357 orang ke Desa Wisata Pentingsari Kabupaten Sleman.

Lebih lanjut, kata Sandiaga, meningkat pula jumlah wisatawan sebanyak 1.700 orang ke Desa Wisata Cikakak, Kabupaten Banyumas; hingga meningkatnya jumlah wisatawan sebanyak 6.320 orang ke Desa Wisata Pentagen Kabupaten Kerinci.

Topik Menarik