Hepatitis Akut Bak Teror di Siang Bolong, Rumah Sakit Mulai Lakukan Hal Ini

Hepatitis Akut Bak Teror di Siang Bolong, Rumah Sakit Mulai Lakukan Hal Ini

Gaya Hidup | indozone.id | Rabu, 18 Mei 2022 - 12:00
share

Kasushepatitisakut sudahmulaimenelan korban. Walaupun belum terjadi di KabupatenPonorogo, Jawa Timur, namun ada satukasusyang didugahepatitisakut di kabupaten tetangga, yakni di Kabupaten Tulungagung. Hal itu menyebabkan kekhawatiran tersendiri bagi orang tua.

hepatitis
Persiapan RSUD dr. Harjono, Ponorogo hadapi hepatitis akut. (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)

Berbagaipersiapanpun dilakukan oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)dr. Harjono, Ponorogo. Di rumah sakit plat merah itu ada tiga dokter spesialis anak yang standby untuk mengobati. Jika ruangan maupun tempat tidur bagi pasienhepatitisakut.Dari 387tempat tidur pasien, ada 39tempat tidur untuk anak-anak.

kautsar
dr. Kautsar Prastudia Eko Binuko. (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)

Sementara, dokter spesialis anakRSUDdr. Harjono, dr. Kautsar Prastudia Eko Binuko mengatakan jika munculnya penyakit hepatitis akut ini belum diketahui penyebabnya apa.

Jadi di dunia kedokteran bernama hepatitisof unknown origin. Unknown artinya belum tahu, origin artinya penyebabnya apa. Jadi hepatitisof unknown origin belum diketahui jenis hepatitisnya apa, ujar dr. Kautsar Prastudia Eko Binuko, Selasa (17/5/2022).

Sebelumnya, hepatitisA, B, C, D maupun E penyebabnya bisa karena minum obat-obatan, hingga kemotrapi.Hanya sajabeberapakasusdi Jakarta maupun Tulungagung tidak ada yang A,B, C, D maupun E. Anak-anak juga tidak mengonsumsi obat-obatan.

hepatitis
Persiapan RSUD dr. Harjono, Ponorogo hadapi hepatitis akut. (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)

Ada beberapa ciri-ciri yang harus diwaspadai terhadap penularan hepatitis akut. Seperti demam, mual, muntah, perubahan warna kulit dan mata jadi kuning.Bisa disertai diare.Selanjutnya adalah feses berwarna putih. Juga buang air kecil berwarna pekat.

Untuk pencegahannya, makan diharapkan dimasak sampai matang. Cuci tangan sabun air mengalir. Kebersihan alat makan diperhatikan.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Lets join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators
Topik Menarik