Cek Konsumsi Jamaah Haji 2022, Kemenag Gandeng BPOM

Cek Konsumsi Jamaah Haji 2022, Kemenag Gandeng BPOM

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 18 Mei 2022 - 11:56
share

IDXChannel - Kementerian Agama (Kemenag) menggandeng Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) guna memastikan keamanan dan kesehatan pangan atau konsumsi jamaah haji selama di tanah suci.

Hal ini ditandai dengan penyiapan Nota Kesepahaman antara Kemenag dan BPOM yang dibahas Menag saat menerima Kepala Badan POM Penny Kusumastuti Lukito dan tim di Jakarta, Selasa (17/5/2022)

Menurut Menag kesehatan makanan jamaah perlu diperhatikan selama di tanah suci. Sebab, asupan gizi yang baik dapat menunjang kesehatan jamaah sehingga bisa beribadah dengan khusyuk.

"Kami tetap menyarankan makanan yang dikonsumsi jamaah selama di Tanah Suci adalah makanan yang bercita rasa nusantara agar dapat meyesuaikan selera dan kondisi pencernaan jamaah yang terbiasa dengan makanan khas nusantara," ujar Menag dikutip dalam laman resmi Kemenag, Rabu,(18/05/2022).

Menag pun mengimbau kepada katering mengimbau katering di Tanah Suci untuk menggunakan bahan dan bumbu dari tanah air. Hal ini agar cita rasa masakan khas nusantara tidak banyak berubah.

"Terkadang makanan yang dikonsumsi jamaah sudah cukup kandungan gizinya. Namun distribusi makanan mungkin saja tidak tepat waktu sehingga makanan menjadi kurang sehat dan ini perlu diperhatikan, kami sangat bersyukur tim dari BPOM mengingatkan kami akan hal ini," ujar Menag.

Sementara itu, Kepala Badan POM Penny Kusumastuty Lukito mengatakan timnya siap membantu proses pengecekan pangan jamaah agar sesuai dengan aturan kesehatan yang baik bagi para jemaah.

"Kami memiliki food inspector sehingga dapat memaksimalkan pengawasan terhadap kesehatan pangan dan obat-obatan bagi para jamaah,"kata Penny.

Penny mengatakan Badan POM akan berusaha dengan maksimal untuk bekerja sama dengan Kemenag agar kenyamanan ibadah jamaah dapat terwujud.

(NDA)

Topik Menarik