5 Daftar Angin Puting Beliung Terparah di Indonesia, Terbangkan Atap hingga Pohon Tumbang

5 Daftar Angin Puting Beliung Terparah di Indonesia, Terbangkan Atap hingga Pohon Tumbang

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 18 Mei 2022 - 07:16
share

JAKARTA - Tidak hanya fenomena gelombang panas yang menyita perhatian akhir-akhir ini, tapi juga angin puting beliung yang melanda berbagai kawasan di Indonesia . Dilansir dari pustadaru.jatengprov.co.id, angin puting beliung diartikan sebagai angin kencang yang memiliki kecepatan 120 km/jam atau lebih. Bencana ini sering terjadi di wilayah tropis antara garis balik utara dan selatan, yang disebabkan oleh perbedaan tekanan suatu sistem cuaca. Berdasarkan data BNPB, sejak Januari hingga November 2021, bencana puting beliung di Indonesia terjadi sebanyak 677 kali. Berikut ini daftar bencana puting beliung terparah yang pernah terjadi di Indonesia.

1. 10 Mei 2022

Terjadi bencana angin puting beliung pada Selasa (10/5/2022) di Gunung Kencana, Lebak Banten. Kejadian ini menyebabkan hampir 80 rumah warga dan sekolah rusak. Angin puting beliung menerjang Kawasan Kampung Pasar, Lebaksiuh, Kampung Dederan, dan Kampung Gunungbilu, Desa Gunung Kencana, Lebak, Banten. Seorang warga bersaksi melihat angin berputar-putar di atas gedung SDN I Gunung Kencana dan menerbangkan atap sejauh 100 km. Kejadian ini membuat para warga cemas.

2. 9 Mei 2022

Sehari sebelumnya, pada Senin (9/5/2022) angin puting beliung juga menyapu wilayah Subang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang, mencatat 21 titik yang terkena dampak terjangan puting beliung, dengan lokasi terparah berada di Kecamatan Cibogo dan Kecamatan Subang Kota. Bencana tersebut menyebabkan puluhan pohon tumbang dan menimpa jalan serta rumah warga. Sebanyak enam rumah mengalami rusak berat dan belasan rumah mengalami rusak ringan. Terdapat tujuh orang yang mengalami luka-luka. Korban adalah dua pengendara di jalan raya dan lima mahasiswa dari kampus di Subang. Beruntung, para korban hanya mengalami luka ringan. Disinyalir, peristiwa angin puting beliung di wilayah ini menimbulkan kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Topik Menarik