Wabah PMK Merebak, Wagub DKI Prediksi Harga Sapi akan Melonjak Jelang Idul Adha

Wabah PMK Merebak, Wagub DKI Prediksi Harga Sapi akan Melonjak Jelang Idul Adha

Gaya Hidup | indozone.id | Selasa, 17 Mei 2022 - 14:15
share

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyebutkan bahwa penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak akan berdampak pada harga penjualan sapi pada Hari Raya Idul Adha mendatang.

Ini akan berdampak pada harga jual sapi khususnya menjelang Idul Adha ya, ucap Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Menurut Riza, kenaikan harga tersebut juga dipicu dengan adanya jumlah permintaan yang tinggi pada saat Hari Raya Idul Adha. Hal itu pun akan diperhatikan dan ditangani oleh pihaknya.

Di lebaran qurban ini ada peningkatan kebutuhan umumnya diikuti dengan peningkatan harga sapi. Sekarang ditambah lagi, ada PMK, penyakit mulut dan kuku, ungkapnya.

Oleh sebab itu, mantan Anggota DPR RI ini mengklaim bahwa Pemprov DKI beserta jajaran yang terkait akan melakukan antisipasi lonjakan harga sapi, sehingga tetap bisa terjangkau oleh masyarakat.

Makanya kami sudah minta kepada BUMD, Dharma Jaya untuk segera melakukan langkah-langkah antisipasi, tandas Riza.

Seperti diberitakan sebelumnya, berdasarkan data dari Kementerian Pertanian, penyakit mulut dan kuku (PMK) menyerang sebanyak 200 ekor hewan ternak di sejumlah wilayah di Indonesia.


Artikel Menarik Lainnya

Topik Menarik