Dinas Pertanian dan Pangan DIY Pastikan Hanya Ada 2 Ternak yang terinfeksi PKM

Dinas Pertanian dan Pangan DIY Pastikan Hanya Ada 2 Ternak yang terinfeksi PKM

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 16 Mei 2022 - 20:56
share

YOGYAKARTA, iNews.id - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY memastikan tidak ada penambahna kasus penyakit kuku dan mulut. Hingga kini hanya ada dua ternak di Kulonprogo yang terinfeksi.

Tidak ada penambahan, saat ini hanya ada dua ternak satu sapi dan satu domba di Kulonprogo yang terinfeksi,kata Kepala DPKP DIY Sugeng Purwanto, Senin (16/5/2020).

Sugeng mengatakan, kasus tersebut sudah ditindaklanjuti oleh Pemkab Kulonprogo. Dinas Pertanian dan Pangan bersama dengan kepolisian sudah menindaklanjuti temuan tersebut.

Dua ternak itu masih diisolasi di lokasi awal di wilayah Pandowan, Galur, kata Sugeng.

Hewan yang terinfeksi ini merupakan milik warga setempat. Hanya saja belum diketahui sejak kapan terinfeksi. Mereka masih menggali informasi dari dinas dan Pemkab Kulonprogo.

Masyarakat tidak perlu panik, tetapi ini harus diwaspadai,katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo Aris Nugraha mendapat laporan mengenai ternak suspek penyakit mulut dan kuku pada Kamis (12/5) sore. Dinas bersama Balai Besar Veteriner Wates telah mengambil sampel dua sapi dan dua domba untuk diuji laboratorium.

Hasil pengujian ada satu domba dan sapi yang terinfeksi. Kami sudah lakukan penyemprotan disinfektan di lokasi, katanya.

Warga pemilik domba, Suwar Giyati mengatakan, domba yang terinfeksi ini merupakan bantuan dari pemerintah kepada kelompok wanita tani. Ada belasan domba yang dibagikan pada bulan April lalu, namun hanya ada satu yang terinfeksi.

Awalnya domba tersebut tidak mau makan hingga akhirnya lemas dan lumpuh, katanya.

Topik Menarik