BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi 4 Meter di Laut Aceh hingga Selat Bali

BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi 4 Meter di Laut Aceh hingga Selat Bali

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 15 Mei 2022 - 17:59
share

JAKARTA, iNews.id - Gelombang tinggi hingga 4 meter berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 15-17 Mei 2022.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, gelombang di kisaran tinggi 2,50-4,0 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue - Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu.

Selain itu, perairan barat Lampung, Samudera Hindia Barat Sumatera, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan Selatan Banten - Pulau Sumba, Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, Samudera Hindia Selatan Banten - NTB.

Perlu diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Seperti perahu nelayan harus waspada untuk kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m.

Kapal tongkang untuk kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m dan kapal ferry untuk kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m.

Kemudan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar untuk kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 m.

Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada, tulis BMKG dalam keterangan resminya, Minggu (15/5/2022).

Potensi gelombang tinggi diakibatkan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-17 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Sulawesi bagian barat, tulis BMKG.

Kondisi ini menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di Selat Malaka bagian utara, perairan timur Pulau Simeulue - Kepulauan Nias, perairan Pulau Sawu, perairan Kupang - Pulau Rotte, Laut Sawu, Selat Sumba bagian barat, Selat Sape bagian selatan, Samudera Hindia Selatan NTT, Laut Sulawesi bagian barat, perairan utara Kepulauan Talaud, Samudera Pasifik Utara Halmahera, Samudera Pasifik Utara Papua.

Topik Menarik