MXGP Samota, Ratusan UMKM Bakal Dilibatkan

MXGP Samota, Ratusan UMKM Bakal Dilibatkan

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 15 Mei 2022 - 16:59
share

SUMBAWA, iNews.id - Ajang internasional di Kabupaten Sumbawa yaitu motocross grand prix (MXGP) akan digelar Juni mendatang. Pemprov NTB akan melibatkan ratusan usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) untuk mendukung acara ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM NTB Ahmad Masyhuri mengatakan, ada 200 UKM yang akan dilibatkan di perhelatan MXGP Samota.

80 persen bergerak di bidang kuliner, dan sisanya, 20 persen bidang kerajinan seperti suvenir dan pakaian, katanya, Minggu (15/5/2022)

Dijelaskan, nanti di sekitar sirkuit akan dibangun 200 tenda yang disiapkan untuk UMKM. Namun, dari dinas belum dapat memastikan biaya sewa yang dibutuhkan.

Kami belum tahu satu tenda itu bisa muat berapa UKM dan berapa harga yang ditawarkan, karena semuanya diserahkan ke pihak ketiga, bebernya..

Komposisi UMKM yang terlibat, paling dominan berasal dari Kabupaten Sumbawa dan empat kabupaten dan kota lain yang ada di Pulau Sumbawa.

Kalau UKM yang dari Pulau Lombok itu sebesar 15 persen. Jadi, tidak banyak, terangnya.

Masyhuri mengatakan seluruh UKM tersebut akan ditempatkan di areal sirkuit. Hanya saja, untuk lokasi UKM tersebut akan berjualan belum difinalkan dengan pihak panitia.

Mantan Kepala Biro Kesra Setda NTB ini optimistis dengan perhelatan MXGP Samota, UMKM di NTB terus tumbuh. Terlebih dengan banyaknya kegiatan yang akan datang selanjutnya diselenggarakan di NTB.

Kita harus optimis dan tidak boleh pesimis, bahwa UKM dan UMKM kita akan sukses, katanya.(*)

Topik Menarik