Loading...
Loading…
Mengenal Tradisi Mengawetkan jenazah Suku Toraja, Masih Bisa Bertemu Meski Sudah Tiada

Mengenal Tradisi Mengawetkan jenazah Suku Toraja, Masih Bisa Bertemu Meski Sudah Tiada

Gaya Hidup | indozone.id | Minggu, 15 Mei 2022 - 11:55

Selain di Mesir, Indonesia juga memiliki tradisi mumi alias mengawetkan jenazah. Suku Toraja di Sulawesi Selatan memilih mengawetkan jasad keluarga mereka agar tak membusuk.

Jenazah diawetkan dengan diberikan ramuan khususyang membuat tubuhnya jadi mengering.

Jasad tersebut kemudian disimpan di dalam peeti lalu disimpan di liang yang berada di perbukitan batu. Kemudian, selang beberapa waktu setelah pemakaman, masyarakat suku Toraja biasanya akan mengadakan upacara yang disebut Ma'nene.

Upacara Ma'ne dikenal sebagai ritual membersihkan leluhur yang telah berusia puluhan hingga ratusan tahun. Tak hanya sekadar dibersihkan, para peziarah biasanya juga akan memakaikan baju baru ke jenazah yang sudah diawetkan.

Dikutip dari Indonesiakaya, upacara ma'nene mulai berubah seiring masuknya agama Kristen dan Katolik ke Tanah Toraja pada abad ke-17. Mereka pun mulai meninggalkan upacara tersebut.

Namun, sebagian orang Toraja, khususnya masyarakat di Baruppu, Toraja Utara masih melakukannya. Hanya saja, ritual yang dilakukan sedikit berbeda dengan zaman dulu.

Dahulu mereka menghadirkan sesajen khusus untuk jenazah karena pantang bagi yang hidup untuk memakannya. Namun, sekarang mereka membuat sesajen untuk dimakan bersama.

Baca Juga :
Raba Biang, Wabah Mirip Covid yang Menghantui Orang Toraja

Kemudian, dari segi bangunan, mereka menambahkan kapel untuk berdoa menurut kepercayaan masing-masing seperti agama Katolik di sekitar kubur batu.

Meski demikian, secara pemaknaan, upacara ma'nene sebenarnya tidak lagi bersifat religius karena sudah banyak yang ditambahkan.

Ritual ma'nene memiliki makna yang lebih, yaitu mencerminkan betapa pentingnya hubungan antara keluarga bagi masyarakat Toraja. Hubungan keluarga tak akan terputus meski dipisahkan ke matian.

Keluarga tetap bisa bertemu dan menengok anggota keluarga lainnya yang sudah diawetkan meski tidak bisa lagi saling berinteraksi seperti dulu. Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik

{