Loading...
Loading…
Daftar Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Daftar Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Gaya Hidup | genpi.co | Minggu, 15 Mei 2022 - 11:00

GenPI.co Kepri - Berikut daftar makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Makanan-makanan ini jika dikonsumsi akan membahayakan calon bayi.

Salah satu cara untuk memberikan yang terbaik bagi calon buah hati adalah dengan memberikan yang terbaik. Bahkan sejak dalam kandungan. Salah satunya dengan menjaga makanan yang dikonsumsi.

Selain buruk untuk tumbuh kembang bayi, beberapa makanan yang masuk dalam daftar makanan yang dilarang bagi ibu hamil ini juga diduga dapat menjadi racun bagi calon bayi. Apa saja? 1. Ikan yang tinggi merkuri

Ikan dan seafood lainnya adalah sumber protein dan kaya asam lemak omega-3. Kedua nutrisi ini baik untuk perkembangan bayi.

Namun ada beberapa jenis ikan yang paling tinggi kandungan merkurinya sehingga tergolong sebagai makanan yang dilarang bagi ibu hamil.

Beberapa ikan yang tinggi merkuri itu adalah ikan hiu, ikan makarel raja, ikan tuna bigeye, ikan todak atau pedang, dan ikan tuna sirip kuning.

Ikan dengan kandungan merkuri dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan otak bayi. Jadi, jika benar-benar ingin mengonsumsinya, sebaiknya konsumsi ikan-ikan tersebut maksimal hanya 2 kali per minggu. 2. Steak setengah matang

Baca Juga :
Hindari Makanan Ini Saat Hamil Ya Moms, Bahaya!

Ibu hamil sebenarnya tak masalah makan steak. Asal dagingnya matang dengan sempurna.

Selera orang saat menikmati steak bisa berbeda-beda. Ada yang terbiasa dengan tingkat kematangan rare (mentah), medium rare (setengah matang), medium well (agak matang), dan well done (matang sempurna).

Daging yang dimasak tidak matang sepenuhnya kemungkinan besar masih mengandung parasit toksoplasmosis yang berbahaya bagi janin.

Bukan cuma daging sapi, daging ayam, burung, kalkun, hingga bebek yang dimasak setengah matang juga termasuk makanan dilarang untuk ibu hamil. 3. Sushi dan sashimi

Bagi penggemar sushi dan sashimi, sebaiknya setop dulu makan makanan khas Jepang ini selama kehamilan.

Seafood mentah atau yang dimasak setengah matang dapat membahayakan janin karena terkadang masih terdapat cacing parasit dalam dagingnya.

Bahkan, seafood mentah atau setengah matang bisa semakin berbahaya jika tempat dan proses persiapannya tidak steril.

Sebaiknya, saat hamil masak udang, ikan, lobster, dan kerang sampai matang sempurna. 4. Telur setengah matang

Baca Juga :
7 Minuman Ini Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

Telur rebus dan telur mata sapi setengah matang termasuk makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Telur yang belum matang umumnya masih mengandung bakteri salmonella aktif yang dapat menginfeksi ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Infeksi salmonella dapat menyebabkan muntah dan diare. Bahkan, bakteri Salmonella dapat menyebabkan infeksi cairan ketuban. Meski jarang sekali terjadi, infeksi ini bisa menyebabkan keguguran.

Agar aman, hindarilah makan telur setengah matang maupun makan makanan yang mengandung telur mentah atau setengah matang. 5. Susu mentah

Susu hewani yang masih mentah dan belum dipasteurisasi termasuk dalam minuman dan makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan selama beberapa detik untuk membunuh bakteri di dalam susu.

Susu mentah dapat menyebabkan keracunan karena kemungkinan masih terdapat bakteri di dalamnya. 6. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng dan ayam gireng tepung juga termasuk makanan yang dialrang bagi ibu hamil.

Ini karena makanan cepat saji mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, ukuran janin terlalu besar (makrosomia). 7. Terlalu banyak jeroan

Ibu hamil dilarang terlalu banyak dan terlalu sering makan jeroan.

Sebenarnya jeroan yang mengandung vitamin A, namun terlalu konsumsi vitamin A berlebihan dapat membahayakan janin. 8. Terlalu banyak kafein

Kafein merupakan salah satu daftar pantangan minuman untuk ibu hamil, apalagi jika konsumsinya berlebihan.

Kafein dapat menembus plasenta dan mengakibatkan gangguan pada detak jantung bayi.

Sebaiknya batasi konsumsi minuman dan makanan yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, minuman bersoda, dan minuman berenergi semasa hamil.(Hellosehat)

Simak video menarik berikut:

Original Source

Topik Menarik

{