Loading...
Loading…
Kambing Bantuan Pemkab Kulonprogo Terinfeksi Penyakit Kuku dan Mulut

Kambing Bantuan Pemkab Kulonprogo Terinfeksi Penyakit Kuku dan Mulut

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Inews | Minggu, 15 Mei 2022 - 08:19

KULONPROGO, iNews.id Seekor kambing milik warga di Pandowan, Galur, Kulonprogo, positif mengidap penyakit kuku dan mulut (PKM). Kambing yang mulai lumpuh ini merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kulonprogo yang belum genap sebulan diterima warga.

Pemilik kambing Suwar Giyati mengatakan, kambing ini merupakan bantuan dari Dinas Petanian dan Peternakan Kulonprogo yang diterima warga pada 27 April lalu. Total ada 15 ekor kambing yang diterima kelompok wanita tani (KWT) Mekar Sari, Pandowan. Selanjutnya kambing digaduhkan kepada belasan warga yang menjadi anggota kleompok tani ini.

Salah satu kambing ini terepapar PKM, sehingga tidak mau makan. Kambing ini Sejak Rabu (11/5/2022) juga tidak bisa makan sehingga kondisinya kini lumpuh.

Kambing ini mendadak lemas dan tidak bisa bergerak. Saya jad was-was akan menular ke yang kain, katanya, Sabtu (14/5/2022).

Agar tidak menular ke ternak yang lain, lima ekor sapi dipindah ke kandang. Sapi inipun menjalani isolasi dan diberikan antibiotik dan disinfektan.

Awalnya biasa mau makan dan minum tetapi setelahnya tidak bisa berjalan. Harapan saya nanti diganti, ujarnya.

Baca Juga :
Dinas Pertanian dan Pangan DIY Pastikan Hanya Ada 2 Ternak yang terinfeksi PKM

Ketua KWT Mekar Sari Yayuk Widyaningsih mengatakan, kambing iniu masih dalam masa isolasi dan garansi dari dinas. Namun belum usai isolasi kambibng justru positif PMK dan tidak mau makan.

Kami sudah laporkan masalah ini ke dinas, kata Yayuk.

Pascatemuan ini, Dinas sudah melakukan pengawasan dan penanganan. Termasuk emngambil sampel darah dari hewan dan menyemprotkan disinfektan.

Original Source

Topik Menarik

{