Loading...
Loading…
Awas, 3 Kondisi Hipertensi Ini Bikin Gagal Ginjal!

Awas, 3 Kondisi Hipertensi Ini Bikin Gagal Ginjal!

Gaya Hidup | netralnews.com | Minggu, 15 Mei 2022 - 07:01

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Edukator dr Decsa Medika Hertanto SpPD paparkan, ada tiga kondisi hipertensi yang membuat gagal ginjal. Organ ginjal dikatakan tersusun dari kumparan pembuluh darah, tekanan yang tinggi pada tekanan darah bisa membuat pembuluh darah di ginjal menjadi rusak.

Berikut ini tiga kondisi hipertensi yang membuat gagal ginjal:

1. Tekanan Pembuluh Darah di Ginjal Juga Tinggi

Kita ketahui bahwa hipertensi merupakan keadaaan, peningkatan tekanan di dalam pembuluh darah. Padahal pembuluh darah mengalir seperti sungai yang mengalir, menghubungkan satu organ dengan organ yang lain.

"Jika terjadi peningkatan tekanan, otomatis organ akan terdampak. Salah satunya adalah ginjal. Makin tinggi tensi, maka makin besar risiko kerusakan ginjal," tegas dr Decsa, dirangkum dari infografisnya, Minggu (15/5/2022).

2. Terjadi Kerusakan Lapisan Pembuluh Darah di Ginjal

Semakin tinggi tekanan, maka akan merusak lapisan dalam dari pembuluh darah. Hal ini mengakibatkan pembuluh darah semakin kecil diameternya. "Sehingga menyebabkan kerusakan yang lebih berat lagi," sambung dia.

Baca Juga :
Kenapa Pasien Gagal Ginjal Berisiko Tinggi Meninggal Jika Terinfeksi Covid-19?

3. Rusaknya Lapisan Darah Memicu Peradangan

Peradangan ini akan membuat rusak sel pembuluh darah yang ada di ginjal. Kerusakan ini ibarat luka, ketika sembuh akan menjadi semacam jaringan parut yang beda dari jaringan normalnya.

Kondisi tersebut dinamakan dengan glumerulosclerosis. Dampaknya, akan semakin meningkatkan risiko kerusakan ginjal yang lebih berat lagi.

"Pembuluh darah yang rusak di ginjal, membuat aliran darah, nutrisi dan oksigen ke organ terganggu. Keadaan ini membuat fungsi dan struktur anatomi ginjal rusak, jadi gagal ginjal," ujar dr Decsa.

Original Source

Topik Menarik

{
{