Selain Lezat, Ikan Nila Ternyata Memiliki 5 Manfaat buat Kesehatan

Selain Lezat, Ikan Nila Ternyata Memiliki 5 Manfaat buat Kesehatan

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 15 Mei 2022 - 06:39
share

JAKARTA Ikan nila kerap dijadikan makanan favorit banyak orang. Menu ini biasa dijumpai di berbagai rumah makan, dan mudah apabila ingin mengolahnya sendiri.

Selain lezat, ternyata ada manfaat yang bisa didapatkan saat mengonsumsi ikan nila.

Ikan nila memiliki kandungan kadar lemak, kolesterol baik, dan kalori yang lebih rendah dibandingkan daging sapi. Vitamin B12 yang terkandung dalam ikan nila sangat penting untuk menjaga energi pada tubuh Anda.

Bahkan, ikan nila adalah sumber vitamin D dan protein yang tinggi. Seperti dilansir dari Stylecraze , Sabtu (14/5/2022), berikut manfaat ikan nila untuk kesehatan tubuh.

1. Baik untuk Tulang

Ikan nila baik untuk tulang Anda. Sebab, ikan nila mengandung mineral seperti kalsium dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang.

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa kolagen ikan nila tipe 1 sangat berguna dalam pengobatan regeneratif. Ini menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam membantu regenerasi sel tulang di laboratorium.

2. Cegah Kanker

Seperti beberapa jenis ikan lainnya, ikan nila mengandung selenium dan antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker dan mengobati penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Tak hanya itu, selenium juga dapat mengurangi aktivitas radikal bebas dan melindungi Anda terhadap stres. Alhasil, dapat menghambat mutasi sel sehat menjadi sel kanker.

3. Baik untuk Otak

Mengonsumsi ikan nila dapat meningkatkan fungsi otak karena mengandung omega-3 yang melimpah sehingga meningkatkan fungsi neurologis dan memiliki sifat neuroprotektif.

Ikan nila juga sarat dengan selenium yang terbukti melindungi otak dari berbagai penyakit seperti alzheimer, parkinson, dan epilepsi. Ini meningkatkan aliran oksigen ke otak, yang membantu menyeimbangkan cairan ke seluruh tubuh.

4. Melindungi Jantung

Manfaat kesehatan lain dari ikan nila adalah menjaga jantung Anda dengan baik. Menurut sebuah penelitian belum lama ini, omega-3 dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan mencegah serangan jantung, stroke, dan aterosklerosis.

5. Cegah Penuaan

Ikan nila mengandung antioksidan dan vitamin E yang baik untuk kulit. Kedua kandungan tersebut telah terbukti dapat memperbaiki kulit dan membuat kulit tambah bercahaya.

Tak hanya itu, kedua vitamin tersebut merupakan antioksidan kuat, yang berarti mereka membantu mengais radikal bebas berbahaya, sehingga membantu mengurangi peradangan dan stres.

(nug)

Topik Menarik