Loading...
Loading…
Hore! Kunjungan Wisman di Batam Meningkat

Hore! Kunjungan Wisman di Batam Meningkat

Gaya Hidup | genpi.co | Minggu, 15 Mei 2022 - 05:56

GenPI.co Kepri - Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Batam mulai meningkat di bulan Maret 2022. Apalagi jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Peningkatan jumlah wisman itu diketahui dari catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Batam.

Menurut BOS, selama Maret 2022, ada 995 kedatangan wisman. Jumlah ini meningkat 202,43 persen dibandingkan bulan Februari yang hanya 329 kedatangan.

"Kalau dibandingkan dengan bulan Maret 2021 atau 'year on year' naik 186,74 persen naiknya cukup signifikan, kata kepala BPS Kota Batam Kepulauan Riau, Rahmad Iswantodi Batam, Sabtu (14/5). Rahmad mengatakan kenaikan jumlah wisman di bulan Maret itu juga dipengaruhi karena karena telah adanya pelonggaran kepada wisman. Berbeda dengan bulan sebelumnya yang masih ada kebijakan travel bubble dan kewajiban PCR bagi wisman.

Pihaknya mencatat, dari seluruh kunjungan wisman ke Kota Batam, warga Singapura masih mendominasi, yaitu sekitar 51,28 persen. Pada Maret saja, tercatat 592 warga Singapura yang datang. "Kemudian nomor 2 dari Malaysia," ujar Rahmad.

Sementara itu, pintu masuk wisman yang paling diminati adalah melalui Pelabuhan Feri Internasional Batam Center. Meskipun saat ini semua pintu masuk internasional yang ada di Batam sudah dibuka.

Baca Juga :
1.637 Turis Asing Sambangi Batam Sepanjang Januari-Juli 2021

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinatamenyebutkan, wisatawan mancanegara asal Singapura dan Malaysia mulai menikmati libur di Kota Batam, setelah pemerintah menerapkan sejumlah kemudahan perjalanan kala pandemi. "Selama libur Lebaran ini, jalan ke terminal pelabuhan feri, di mal, tempat wisata lain juga sudah banyak warga Singapura Malaysia. Walaupun tidak dengan kapasitas besar. Namun, secara pribadi sudah tiba di Batam," kata Ardi. Menurut dia, itu kondisi ini merupakan indikasi baik dalam upaya peningkatan pariwisata yang ada di Kota Batam. Pihaknya pun terus mengembangkan konsep 3A, aksesibilitas, amenitas, dan atraksi guna menggaet wisatawan mancanegara. "Aksesibilitas terus dibenahi, salah satunya pembangunan infrastruktur mulai dari bandara hingga pelebaran jalan, kata Ardi.

Kemudian amenitas, semakin banyak mal yang buka, destinasi wisata baru seperti taman rusa dan lainnya. Dan yang terakhir atraksi, yaitu atraksi budaya.

Kalau atraksi alam, di Batam agak kurang, ya," ujar Ardiwinata. Dia juga mengharapkan dalam waktu dekat semakin banyak relaksasi yang diberikan oleh pemerintah, dengan melihat capaian vaksinasi serta penanganan Covid-19 di Batam. (ant/*)

Baca Juga :
Bebas Karantina Diterapkan, Kepri Bidik Pasar Turis Negeri Bollywood

Kalian wajib tonton video yang satu ini:

Original Source

Topik Menarik

{
{
{