Loading...
Loading…
Pemandu Lalu Lintas Udara Mati, Ribuan Penumpang Pesawat Telantar

Pemandu Lalu Lintas Udara Mati, Ribuan Penumpang Pesawat Telantar

Powered by okezone
Gaya Hidup | Okezone | Minggu, 15 Mei 2022 - 00:03

PEMANDU lalu lintas udara atau Air Traffic Control (ATC) di Jamaika mendadak berhenti beroperasi pada Kamis pagi dan sore, sehingga mengganggu penerbangan. Akibatnya, ribuan penumpang yang ingin pergi ke Pulau Karibia telantar dan frustasi, karena harus membatalkan penerbangan mereka.

MBJ Airports Limited, operator Bandara Internasional Sangster di dekat resor populer Teluk Montego mengkonfirmasi bahwa penerbangan dibatalkan pada Kamis pagi. Itu karena penangguhan layanan lalu lintas udara.

Papan kedatangan bandara mulai menunjukkan pembatalan sekitar pukul 09.30 waktu setempat pada 12 Mei 2022. Tak hanya satu, penerbangan Amerika, Delta, JetBlue, Southwest dan United pun dibatalkan.

Cerita serupa juga melanda di Bandara Internasional Norman Manley di Kingston. Kedatangan mulai dibatalkan sekitar pukul 11.30, dan keberangkatan dibatalkan mulai pukul 12.19.

Kurt Solomon, Presiden Asosiasi Pengendali Lalu Lintas Udara Jamaika, mengatakan jika penerbangan akhirnya dilanjutkan pada pukul 5 sore waktu setempat.

"Otoritas Penerbangan Sipil Jamaika (JCAA) ingin menasihati publik bahwa, seiring berjalannya dialog antara otoritas dan pemangku kepentingan, khususnya Asosiasi Pengendali Lalu Lintas Udara Jamaika (JATCA), layanan lalu lintas udara saat ini sedang dipulihkan," katanya seperti dilansir dari CNN Travel , Sabtu (14/5/2022).

Baca Juga :
Kecelakaan Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak: Dari 45 Korban, 3 Jurnalis Indonesia Tewas

Sejak saat itu, Sangster menunjukkan satu keberangkatan, Penerbangan Delta DL1987 pada 17:07 Manley menunjukkan satu kedatangan, British Airways Penerbangan BA2263 pada 16:43

Staf terbatas

Sharon Hislop, manajer pengembangan komersial dan pemasaran di Sangster, mengatakan bahwa pusat kendali memberitahu bandara pada Kamis pagi jika lalu lintas udara di Kingston mengalami keterbatasan staf. Alhasil, JCAA pun menangguhkan layanan lalu lintas udara dan penerbangan di sana.

Pusat kendali lalu lintas udara di Kingston sendiri mengendalikan operasi untuk ketiga bandara internasional di Jamaika, yakni Bandara Internasional Sangster, Manley dan Ian Fleming di Ocho Rios. Hislop memperkirakan ada sekitar 100 penumpang di setiap penerbangan yang terkena dampak penangguhan layanan tersebut.

Original Source

Topik Menarik

{