Loading...
Loading…
Manfaat Mandi Oatmeal Untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Mandi Oatmeal Untuk Kesehatan Kulit

Gaya Hidup | yesdok.com | Minggu, 15 Mei 2022 - 01:07

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, oatmeal merupakan makanan sehat yang terbuat dari oat yang direbus dengan air atau susu. Oatmeal mengandung tinggi nutrisi, sehingga tidak heran jika oatmeal memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan, tidak terkecuali kesehatan kulit.

Kandungan nutrisi pada secangkir aot diantaranya air, energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, serat, gula, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zinc, natrium, vitamin B6, vitamin E, vitamin K dan asam lemak tak jenuh. Biasanya oatmeal disajikan dengan berbagai topping pilihan seperti buah-buahan. Selain itu, ternyata oatmeal juga dapat dimanfaatkan untuk mandi.

Namun, oatmeal yang digunakan berbeda dengan oatmeal untuk dikonsumsi. Oatmeal yang digunakan untuk mandi adalah oatmeal koloid yang sudah digiling halus. Cara menggunakannya, campurkan oatmeal koloid ke dalam bak mandi yang berisikan air hangat. Lalu, Anda bisa berendam selama 15 menit dan keringkan. Berikut ini manfaat mandi oatmeal untuk kesehatan:

Meredakan gatal

Banyak faktor yang menyebabkan kulit gatal. Seperti akibat gigitan serangga, alergi, ruam, eksim, psoriasis, cacar air, herpes, ketombe hingga cradle cap. Rasa gatal pada kulit ini bisa dikurangi dengan cara mandi dengan campuran oatmeal.

Baca Juga :
Jarang Ada yang Tahu, 4 Manfaat Mandi di Malam Hari Bisa Bikin Panjang Umur

Membersihkan Kulit

Oatmeal yang digunakan untuk mandi ini memiliki manfaat dan fungsi yang sama seperti sabun. Oatmeal bisa digunakan untuk scrub yang mampu mengangkat sel kulit mati serta pengelupasan kulit, kotoran, dan minyak.

Melembabkan kulit

Menjaga kelembaban kulit Anda kini bisa dilakukan dengan mandi oatmeal. Oatmeal dapat membantu mencegah kulit kering dan bersisik karena kandungan pati, beta-glukan dan polisakarida. Pentingnya menjaga kelembaban kulit tentu dapat mencegah berbagai masalah kulit.

Mempertahankan pH kulit

Pada umumnya pH alami pada kulit manusia adalah 5,7. Namun, keseimbangan pH pada kulit bisa rusak akibat paparan sinar matahari, make up, paparan deterjen dan lainnya. Kadar pH yang tidakseimbang dapat menyebabkan kulit mudah iritasi. Untuk mempertahankan pH kulit, Anda bisa rutin melakukan mandi oatmeal.

(Foto: Healthline)

Original Source

Topik Menarik

{