Libur Panjang Waisak, Penumpang di Bandara Soetta Dekati Masa Mudik Lebaran

Libur Panjang Waisak, Penumpang di Bandara Soetta Dekati Masa Mudik Lebaran

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 14 Mei 2022 - 21:59
share

TANGERANG, iNews.id - Jumlah penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten selama libur Hari Raya Waisak mendekati masa puncak arus mudik Lebaran 2022. Jumlah tersebut diprediksi oleh PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II hingga akhir pekan ini.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi mengatakan, banyak calon penumpang memanfaatkan momen berlibur dengan keluarga.

Kita tahu, Senin ada hari libur Waisak, data prediktif yang sudah dihimpun oleh rekan-rekan AOCC angkanya ini sekitar 132 ribuan pergerakan penumpang. Jadi ini masih tidak terlalu jauh dari angka puncak (arus mudik dan arus balik) di Soetta, ujar Agus di Tangerang, Banten, Sabtu (14/5/2022).

Dia mengungkapkan, pada momen libur tahun ini jumlah calon penumpang akan terjadi peningkatan yang signifikan, baik itu penumpang domestik maupun pergerakan penumpang internasional.

Kami sampaikan juga bahwa tren trafik penerbangan internasional ini juga terus meningkat. Jadi, hari ini sudah 15 ribuan. Kalau dihitung in-out, kurang lebih dua kali lipat sekitar 30 ribuan. Jadi ini angka yang cukup prospektif, ucapnya.

Menurutnya, pergerakan penumpang tertinggi di Bandara Soetta terjadi pada H-3 Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah atau atau tepatnya pada Jumat (29/4/2022). Di mana, kata dia penumpang pesawat yang melintas di Bandara Soetta mencapai 150.000 orang lebih.

Angka puncak ini kita tahu ada di 151.000 (penumpang). Sementara, pergerakan pesawatnya waktu itu 1.050 penerbangan, katanya.

Dia juga menyampaikan, saat ini tercatat volume pergerakan penumpang ada sekitar 132.676 orang baik kedatangan maupun keberangkatan.

Untuk keberangkatan terdapat 64.607 penumpang dengan 428 penerbangan dan kedatangan 68.069 penumpang dengan 433 pergerakan pesawat, ucapnya.

Topik Menarik