Inggris Kembali Laporkan 2 Kasus Baru Cacar Monyet di Tengah Hepatitis Akut Meningkat

Inggris Kembali Laporkan 2 Kasus Baru Cacar Monyet di Tengah Hepatitis Akut Meningkat

Gaya Hidup | indozone.id | Sabtu, 14 Mei 2022 - 22:15
share

Cacar monyet adalah infeksi virus yang ditandai dengan bintil bernanah di kulit. Penyakit ini disebabkan oleh virus monkeypox, virus yang dapat menyebar melalui percikan liur yang masuk melalui mata, mulut, hidung, atau luka di kulit.

Belum lama ini, Inggris mengonfirmasi kasus pertama cacar monyet pada 7 Mei 2022, menurut Badan Kesehatan Inggris (UKHSA). Namun, pada hari Sabtu (14/5/2022) Inggris kembali melaporkan dua kasus cacar monyet.

Dilansir The Sun, dua orang yang terinfeksi virus monkeypox ini tinggal di rumah yang sama dan tidak ada kaitannya dengan kasus cacar monyet yang dilaporkan sebelumnya yang dilaporkan minggu lalu.

Dari dua kasus terakhir, satu orang menerima perawatan di unit ahli penyakit menular di Rumah Sakit St Mary, Imperial College Healthcare NHS Trust di London.

Orang-orang yang telah melakukan kontak dengan dua pasien itu sedang diburu oleh dokter dan diberi informasi serta saran kesehatan untuk mempersiapkan diri.

Dr Colin Brown, direktur klinis dan infeksi di UKHSA mengatakan saat ini masih dilakukan penyelidikan mengenai sumber infeksi.

"Sementara penyelidikan masih berlangsung untuk menentukan sumber infeksi, penting untuk menekankan bahwa itu tidak menyebar dengan mudah di antara orang-orang dan memerlukan kontak pribadi yang dekat dengan orang yang terinfeksi," jelas Dr Colin Brown.

Meski sudah ada tiga kasus di Inggris, belum ada laporan dari negara lain. Itu artinya, tidak perlu khawatir dengan hal ini. Penyakit langka ini juga tidak mudah menyebar antar manusia.

Kondisi langka ini ditandai dengandemam, sakit kepala, kedinginan, kelelahan, nyeri, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Ruam biasanya menyebar dari wajah ke seluruh tubuh sekitar lima hari setelah demam muncul sebelum akhirnya membentuk keropeng.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik