Atraksi Rajawali Laut Flight Buka Navy Jazz Traffic Festival 2022 di Malang

Atraksi Rajawali Laut Flight Buka Navy Jazz Traffic Festival 2022 di Malang

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 14 Mei 2022 - 21:39
share

SURABAYA, iNews.id - Atraksi Rajawali Laut Flight menjadi penanda dimulainya gelaran Navy Jazz Traffic Festival (NJTF), di Villa Navy Residence Lawang, Kabupaten Malang, Sabtu (14/5/2022). Saat itu para pilot Puspenerbal TNI AL menunjukkan kepiawaiannya mengendalikan pesawat Beechcraft Bonanza G-36 produksi Amerika Serikat.

Berbekal jam terbang pilot yang tinggi, pesawat yang sebetulnya bukan untuk aerobatik bisa diajak bermanuver dengan berbagai formasi, hingga melakukan aksi \'melukis langit\' Malang yang cerah. Alhasil, penampilan udara enam unit pesawat tersebut sukses memukau para penonton NJTF yang sudah hadir di lokasi.

Ada delapan formasi di antarnya Delta Formation, Arrow Formation, V Formation, Head to Head Formation, Stingray Formation, Break Attack Formation, Left Echelon Formation dan lainnya, ujar Mayor Laut (P) Rai Terianom Pasop Wing Udara 2 Puspenerbal TNI AL, di Navy Stage VNR Lawang Malang.

Lebih lanjut, Mayor Laut (P) Rai mengungkap tingkat kesulitan terbang di lokasi NJTF. Kesulitannya, kami harus menyesuaikan kondisi lingkungan sekitar. Terutama cuaca, ketinggian, obstacle (rintangan) di sekitar sini. Sehingga, harus lebih ekstra hati-hati untuk menentukan lintasan-lintasan mana saja, katanya.

Walau begitu, atraksi demonstrasi udara tersebut berjalan dengan lancar. Suksesnya atraksi itu juga berkat koordinasi apik para pilot, co-pilot di Pesawat Bonanza dan pengendali atau ground crew di area Navy Stage.

Sebelum terbang sudah cek dengan BMKG dan koordinasi dengan Bandara Abdulrachman Saleh, dan Lanudal Juanda. Walau ada beberapa perubahan di ketinggian awan yang diprakirakan tadi sekitar 5.000 kaki turun jadi 4.000 kaki, tapi tidak masalah, ujarnya.

Atraksi Demonstrasi Udara Rajawali Laut Flight Puspenerbal TNI AL yang menghiasi langit Navy Jazz Traffic Festival hari ini, Sabtu (14/5/2022) berlangsung sekitar 15 menit. Selain Pesawat jenis Beechcraft Bonanza G-36, ada pula Pesawat Udara Sasa 212 U-6205 yang ditumpangi penerjun Kopaska, dan 1 unit Helikopter Bell 505.

Aksi Rajawali Laut Flight ditutup dengan manuver enam pesawat yang melesat bersama-sama, lalu memisahkan diri seperti kembang api atau dikenal dengan istilah boomburst.

Demo udara Pesawat Bonanza merupakan atraksi yang memerlukan keterampilan serta konsentrasi tinggi, dan kerja sama tim yang kuat. Para penerbang wajib memiliki daya juang tinggi di setiap misi penugasan yang diemban. Mereka merupakan pilot-pilot terlatih yang dimiliki TNI Angkatan Laut.

Pilot-pilot yang tergabung dalam Rajawali Laut Flight sudah mendapatkan pelatihan teknik terbang dan karakteristik pesawat di fasilitas Beechraft Rajawali Laut Flight yaitu tim yang terbentuk dari para instruktur penerbang TNI AL bepengalaman, lulusan Sekolah Instruktur Penerbang TNI.

Untuk diketahui, Rajawali Laut Flight merupakan tim atraksi demo udara penerbangan milik TNI-AL.Rajawali Laut Flight terbentuk tahun 2016. Sampai sekarang, Tim Rajawali Laut Flight sukses menunjukkan kemampuan, keterampilan, dan kerja sama tim yang hebat di berbagai acara besar.

Sementara itu, panggung musik Navy Jazz Traffic Festival 2022 akan menampilkan Dewa 19 feat Virzha, Tulus, Padi Reborn, Reza Artamevia, Barry Likumahuwa serta sejumlah artis lainnya.

Selain konser musik, Navy Jazz Traffic Festival juga menghadirkan berbagai kegiatan lain, yakni gelar produk UKM Jawa Timur dan creative market, pameran Alutsista TNI AL, dan demonstrasi penerjunan Pasukan Khusus Kopaska Koarmada II.

Topik Menarik