Polisi Gagalkan Penyelundupan Tiga Kontainer Minyak Goreng ke Timor Leste

Polisi Gagalkan Penyelundupan Tiga Kontainer Minyak Goreng ke Timor Leste

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 14 Mei 2022 - 20:59
share

KUPANG, iNews.id - Polres Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengagalkan pengiriman tiga kontainer berisi minyak goreng yang akan diselundupkan ke Timor Leste. Lokasi Polres Timor Tengah merupakan berbatasan dengan Timor Leste.

Kabid Humas Polda NTT AKBP Ariasandy mengatakan, tiga kontainer berisi minyak goreng itu setelah berkoordinasi dengan pihak bea dan cukai Wini akan dikirim kembali ke asal muatan tersebut berasal di Surabaya, Jawa Timur.

Kejadiannya pada Jumat (13/5/2022) dan ditemukan di atas kapal yang transit di Pelabuhan Wini berbatasan dengan Timor Leste, ujar Ariasandy di Kupang, Sabtu (14/5/2022).

Dia menuturkan, kapal tersebut belum diketahui kapan akan berangkat namun pengiriman kembali ke Surabaya akan dilakukan menunggu jadwal keberangkatan kapal kembali ke Surabaya.

Menurutnya, proses pengiriman kembali sejumlah kontainer berisi minyak goreng itu menggunakan izin Surat keputusan menteri perdagangan Nomor 22 THN 2022 di keluarkan pada tanggal 28 April 2022, dengan jenis pengiriman makanan ringan.

Tidak menutup kemudian adanya permainan dokumen dari pihak Bea cukai Surabaya dan PT Maratus untuk barang yang tidak sesuai jenis muatan untuk di lakukan pengiriman, katanya.

Dia menuturkan, terkait jenis minyak goreng yang akan diselundupkan ke Timor Leste, tidak di ketahui jenis dan ukuran karena barang tersebut sudah di ambil ahli oleh pihak Bea dan Cukai Atambua.

Sementara itu Kapolres TTU AKBP Moh Mukson dihubungi dari Kupang menyampaikan, sejumlah kontainer minyak goreng itu masih berkaitan dengan tujuh kontainer minyak goreng yang digagalkan penyelundupannya oleh Polda Jawa Timur pada di Pelabuhan Tanjung Perak beberapa waktu lalu.

Nah yang tiba di pelabuhan Wini itu adalah tiga unit yang sebelumnya sudah dikirim terlebih dahulu, ucapnya.

Saat ini kasusnya ditangani oleh Polda Jawa Timur.

Topik Menarik