Waspada Penyebaran PMK, Pemkab Kendal Cek Seluruh Ternak di Pasar Hewan

Waspada Penyebaran PMK, Pemkab Kendal Cek Seluruh Ternak di Pasar Hewan

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 14 Mei 2022 - 18:39
share

KENDAL, iNews.id - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal melakukan antisipasi terhadap penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Seluruh petugas dikerahkan untuk memeriksa seluruh sapi, kerbau dan kambing di pasar hewan.

Pemeriksaan difokuskan kepada hewan yang dijual di pasar hewan. Tujuannya untuk mencegah jual beli hewan ternak yang tengah sakit.

Sampai saat ini belum ditemukan adanya hewan ternak di Kabupaten Kendal yang terkena PMK, kata Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal, Pandu Rapriat Rogojati, Sabtu (14/5/2022).

Pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada peternak dan pedagang sapi di sejumlah pasar hewan, seperti di Sukorejo, Boja dan Weleri.

Para peternak maupun pedagang hewan diminta segera melaporkan jika mengetahui ada hewan yang terindikasi terkena PMK, sehingga segera dilakukan penanganan.

Ternak yang terindikasi terkena PMK harus dipisah atau isolasi. Pihaknya juga mengimbau agar sementara mengambil hewan ternak dari wilayah Kendal yang sudah diperiksa petugas.

Pemantauan terus dilakukan sebagai antisipasi supaya tidak ada hewan yang terkena PMK. Apalagi menghadapi Hari Raya Kurban, sehingga harus benar-benar dijaga. Penyekatan juga akan diperkuat untuk hewan ternak dari luar daerah yang akan masuk ke Kendal.

Salah seorang pedagang kerbau, Kundori mengaku sudah mendapat sosialisasi tentang PMK. Dirinya juga disarankan untuk sementara mencari dagangan hewan lokal saja.

Saya juga sudah mengetahui ciri-ciri hewan yang terindikasi terkena PMK. Selain itu juga akan lebih rutin menjaga kebersihan peternakan, kata Kundori.

Topik Menarik