Cegah Hepatitis Misterius, Semua Orang Wajib Rajin Cuci Tangan Pakai Sabun!

Cegah Hepatitis Misterius, Semua Orang Wajib Rajin Cuci Tangan Pakai Sabun!

Gaya Hidup | okezone | Sabtu, 14 Mei 2022 - 10:10
share

PENYEBAB Hepatitis misterius masih terus diselidiki. Namun banyak pakar menduga adenovirus sebagai penyebabnya.

Alasannya, banyak pasien hepatitis misterius positif adenovirus.

Bicara soal adenovirus, Kepala Pusat Riset Kedokteran Preklinik dan Klinis Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Harimat Hendarwan menjelaskan, adenovirus itu kebal terhadap hand sanitizer.

mencuci tangan pakai sabun

Oleh karena itu guna mencegah Hepatitis misterius, semua orang harus rajin mencuci tangan pakai sabun dan dengan air mengalir. Cara ini efektif untuk mencegah hepatitis misterius.

"Adenovirus itu tahan lama di permukaan dan juga alcohol-based, sehingga hand sanitizer tidak bekerja secara efektif membunuh adenovirus," papar Harimat.

"Artinya, dalam hal pencegahan masyarakat perlu memperhatikan bahwa cuci tangan dengan air bersih dan mengalir dan menggunakan sabun, bukan handsanitizer," tambahnya.

Lebih lanjut, Harimat juga menjelaskan bahwa adenovirus yang diduga sebagai penyebab hepatitis misterius, tepatnya adenovirus tipe 41, pada dasarnya sudah berubah karakternya.

Ini dilihat dari gejala klinis yang muncul ketika seseorang terpapar virus tersebut.

"Ya, pada pasien terkonfirmasi adenovirus, gejala klinisnya berbeda dari teori yang ada sebelumnya," ungkapnya.

Bicara soal penyebaran adenovirus, virus ini bisa menyebar antarmanusia melalui saluran pernapasan maupun pencernaan. Penyakit yang muncul bisa di sistem pencernaan maupun pernapasan.

"Adenovirus bisa juga menyebabkan penyakit lain seperti gastroenteritis, konjungtivis, sisitis, dan gangguan saraf atau neurologis disease," pungkasnya.

Topik Menarik