536 Sapi di Babel Terserang Wabah PMK, Distan Perketat Lalu Lintas Ternak

536 Sapi di Babel Terserang Wabah PMK, Distan Perketat Lalu Lintas Ternak

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 13 Mei 2022 - 21:39
share

PANGKALPINANG, iNews.id Ratusan ekor sapi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) positif terserang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Wabah PMK tersebut diketahui menyerang ratusan ekor sapi di tiga kabupaten.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel, Junaidy mengungkapkan, total ada 536 ekor sapi positif PMK tersebar di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah dan Bangka Selatan. Sementara ratusan ternak di Kota Pangkalpinang, Bangka Barat masih status suspek PMK.

Dua kabupaten kota yang di Pulau Bangka sudah suspek PMK, suspek itu belum ada hasil laboratorium, tetapi secara klinis sudah menunjukkan gejala penyakit itu, ujarnya, Jumat (13/5/2022).

Menurut dia saat ini 350 sampel darah sapi suspek PMK ini telah dikirim ke Laboratorium Jawa Timur sebagai rujukan pemeriksaan sampel darah ternak PMK.

Dalam dua hari ini hasilnya sudah keluar dan akan kita informasikan kepada masyarakat, katanya.

Dia menambahkan Indonesia bebas PMK pada 1986 dan mendapat pengakuan dari dunia internasional pada 1990, namun saat ini kita mendapatkan informasi wabah PMK ini di empat kabupaten dan kota Provinsi Jawa Timur.

Kita harus mewaspadai dengan memperketat pengawasan lalu lintas ternak, guna mencegah masuknya virus PMK ini, ujarnya.

Topik Menarik