Long Weekend, Bandung Bakal Diserbu Wisatawan, Waspadai Kawasan Rawan Macet Ini

Long Weekend, Bandung Bakal Diserbu Wisatawan, Waspadai Kawasan Rawan Macet Ini

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 13 Mei 2022 - 21:19
share

BANDUNG, iNews.id - Setiap libur panjang, kawasan Bandung Raya bakal diserbu wisatawan dari berbagai kota, terutama Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek). Pada libur panjang atau long weekend yang bertepatan dengan Hari Raya Waisyak pada 16 Mei 2022, ribuan wisatawan juga diprediksi bakal bertangan ke Bandung.

Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas mulai 14 hingga 16 Mei 2022 akibat ribuan wisatawan menyerbu Bandung, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung menyiapkan sejumlah upaya.

Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung melalui Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Ariek Indra Sentanu mengatakan, di Kota Bandung terdapat beberapa titik kemacetan setiap long weekend .

Titik pertama rawan kemacetan lalu lintas yakni di jalur utama menuju kawasan wisata Lembang, tepatnya Jalan Sukajadi dan Jalan Setiabudhi.

Di titik itu, kata Kasatlantas Polrestabes Bandung, sejumlah personel kepolisian akan disiagakan untuk mencegah kemacetan dan mengurai arus. Polisi juga menyiapkan cara bertindak dan melakukan rekayasa arus lalu lintas, seperti one way .

Lalu, akan dilakukan kanalisasi jalur masuk menuju Mal Paris van Java di Jalan Sukajadi. One way di Jalan Setiabudhi dekat Jalan Cemara dilakukan situasional, kata Kasatlantas Polrestabes Bandung, Jumat (13/5/2022).

Kemudian, ujar AKBP Ariek Indra Sentanu, jalur yang juga rawan kemacetan adalah Jalan dr Djunjunan atau Pasteur, Jalan Ir H Juanda atau Dago, dan Jalan Tamansari, tepatnya di dekat objek wisata Kebun Binatang. Di Jalan Dr. Djunjunan, polisi bakal melakukan pelarangan parkir di sejumlah titik keramaian, ujar AKBP Ariek Indra Sentanu.

Titik kemacetan berikutnya, Jalan Asia Afrika. Kawasan tersebut jadi tujuan masyarakat, terutama dari luar kota. Di kebun binatang, cara bertindaknya dengan menempatkan personel hingga rekayasa lalu lintas, tutur Kasatlantas Polrestabes Bandung.

Kawasan yang juga rawan kemacetan adalah depan Mal Paskal, Jalan Pasirkaliki dan Bundaran Cibiru. Di sana, akan disiagakan sejumlah personel kepolisian untuk mengatur arus lalu lintas agar tak terjadi kepadatan.

Diharapkan, pengamanan yang dilakukan oleh polisi dapat membuat masyarakat nyaman dan aman untuk menikmati akhir pekan di Kota Bandung. Semoga rangkaian kegiatan pengamanan long weekend perayaan Waisak 2022 berjalan dengan aman dan lancar, tutur Kasatlantas.

Topik Menarik