Bantul Antisipasi Wabah Penyakit Mulut dan Kuku Pada Ternak

Bantul Antisipasi Wabah Penyakit Mulut dan Kuku Pada Ternak

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 13 Mei 2022 - 20:19
share

BANTUL, iNews.id - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul menyiapkan beberapa langkah antisipasi terhadap penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Dinas melakukan pengawasan ketat terhadap ternak-ternak yang masuk ke Bantul

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul, Joko Waluyo mengatakan, dalam pengawasan ternak tersebut, tim yang diterjunkan melakukan pemeriksaan ada tidaknya Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Surat keterangan ini sebagai bukti bahwa kondisi ternak tersebut dalam kondisi tidak terserang penyakit atau sehat.

Kami sudah membentuk tim URC, unit reaksi cepat untuk penanganan wabah itu di masing-masing poskeswan (pos kesehatan hewan), dan di sentra ternak Segoroyoso kami juga melakukan penyemprotan desinfektan, kata Joko Waluyo di Bantul, Jumat (13/5/2022).

Joko mengatakan, dalam waktu dekat atau pekan depan, pihaknya bersama dengan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul merencanakan melakukan pemeriksaan hewan ke tempat-tempat penampungan ternak dan pasar hewan.

Untuk ke lapangan kami rencana pekan depan bersama Pak Kapolres ke tempat-tempat penampungan ternak atau beberapa pedagang, kemudian hari berikutnya pemeriksaan ke Pasar Hewan Imogiri, katanya.

Dia mengatakan, langkah antisipasi tersebut perlu dilakukan agar jangan sampai wabah PMK menyerang ternak di Bantul, dan harapannya ternak Bantul juga terbebas dari penyakit tersebut. Sejauh ini belum ada, kami belum menemukan kasus PMK di Bantul, katanya.

Dia juga sudah melakukan sosialisasi ke para kelompok ternak baik secara langsung maupun lewat selebaran terkait dengan kewaspadaan terhadap wabah PMK itu.

Jangan sampai panik dengan adanya wabah ini, kami mengimbau kepada pedagang kalau membeli ternak dari luar Bantul harus ada SKKH. Semua ternak dari luar Bantul kita waspadai, semua ternak di Bantul harus ada SKKH, katanya.

Topik Menarik