Gegara Finlandia Ingin Gabung NATO, Rusia Bakal Hentikan Pasokan Gas

Gegara Finlandia Ingin Gabung NATO, Rusia Bakal Hentikan Pasokan Gas

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 13 Mei 2022 - 19:59
share

HELSINKI, iNews.id - Rusia akan mengambil tindakan tegas dengan menghentikan pasokan gas ke Filandia. Langkah ini sebagai imbas dari keinginan Filandia bergabung dengan NATO.

Menurut surat kabar Iltalehti, mengutip pernyataan sumber pejabat Filandia yang tidak disebutkan namanya, melaporkan Rusia akan menghentikan pasokan gas mulai Jumat (13/5/202).

Iltalehti tidak menjelaskan dari mana sumber tersebut mendapatkan informasi.

Presiden Finlandia Sauli Niinisto dan Perdana Menteri Sanna Marin pada Kamis kemarin mengatakan negaranya akan mengajukan permohonan untuk bergabung dengan NATO dan tanpa ditunda-tunda lagi.

Rusia berjanji akan segera memberikan tanggapan dari rencana tersebut.

Finlandia mengandalkan sebagian besar pasokan gas dari Rusia. Meski demikian gas hanya menyumbang sekitar 5 persen dari konsumsi energi negara itu setiap tahun.

Namun sebagian besar pasokan gas itu justru digunakan untuk sektor industri yang mendukung perekonomian nasional. Beberapa perusahaan raksasa seperti Neste, Metsa, serta perusahaan lain di industri kehutanan, kimia, dan makanan harus mencari sumber energi alternatif atau menyesuaikan produksi mereka.

Finlandia sebelumnya menegaskan siap untuk tidak mendapat pasokan gas lagi. Pernyataan itu disampaikan setelah pemerintah menolak untuk membayar dalam mata uang rubel sebagaimana diminta Rusia terhadap negara-negara tidak bersahabat.

Topik Menarik