Dua Tahun Absen, Balkonjazz 2022 Hadir Lagi Besok

Dua Tahun Absen, Balkonjazz 2022 Hadir Lagi Besok

Gaya Hidup | mojok.co | Jum'at, 13 Mei 2022 - 12:07
share

MOJOK.CO- Festival musik Balkonjazz 2022 kembali digelar tahun ini. Dihelat di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Sabtu (14/05/2022) besok, festival ini merupakan konser yang pertama yang digelar setelah dua tahun absen akibat pandemi COVID-19.

Sejumlah artis bakal tampil dalam festival Balkonjazz 2022. Diantaranya Kahitna, Pamungkas, Rendy Pandugo, Adhitia Sofyan, Dere, Juicy Luicy, Raissa Anggiani dan Megantoro.

Penyanyi pendatang baru,Raissa, mengaku senang sekali akhirnya bisa tampil dalam event sebesar Balkonjazz 2022 ini. Penyanyi yang terkenal dengan singlenya berjudul "If U Could See Me Cry in My Room" ini antusias tampil setelah dua tahun tak bisa tampil di konser besar.

"Ini konser pertama setelah pandemi dua tahun yang cukup besar, biasaya hanya di event-event kecil yang offline," jelasnya disela persiapan festival di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jumat (13/05/2022).

Konsep Balkonjazz kali ini memadukan musik, wisata dan UKMK yang berbeda dari festival musik lain ini, lanjut Raissa sangat menarik buat artis muda sepertinya. Dia akhirnya bisa banyak belajar tentang perkembangan dunia industri kreatif yang tak melulu tentang musik.

Dalam konser ini, dia akan menampilkan enam single yang sudah dinyanyikannya sejak 2020 lalu. Satu lagu diantaranya belum pernah ditampilkan dalam konser sebelumnya.

"Aku bawain lagu yang belum pernah dirilis dan ini surprise karena baru bulan depan akan keluar," jelasnya.

Bakkar Wibowo, founder Balkonjazz Festival sekaligus promotor dari Sinergi Live, menjelaskan, festival kali ini untuk mendukung tumbuhnya geliat ekonomi masyarakat lokal melalui pertunjukkan hiburan. Sehingga tidak hanya industri kreatif yang pulih namun juga perekonomian warga.

"Festival ini menjadi bagian yang terintegrasi dengan kebahagiaan yang diraih oleh masyarakat lokal," tandasnya.

Bakkar menyebutkan, meski festival tahun ini tidak digelar gratis seperti 2019 lalu, tiket sudah terjual habis. Tak hanya tiket untuk kelas Festival dengan harga Rp150 ribu, tiket VVIP seharga Rp750 ribu pun ludes terjual.

"Masih banyak yang tanya tentang tiket, namun semuanya sudah sold out karena ada pembatasan hanya sekitar 1.500 tiket," jelasnya.

Sementara itu, Jatmika Budi Santoso, direktur Bhiva Indonesia disela persiapan Balkonjazz 2022 mengungkapkan Balkonjazz Festival ini bisa menjadi ritual tahunan yang selalu dinantikan para penikmat musik dan juga pegiat ekonomi lokal. Selain itu membangkitkan sektor pariwisata yang sempa terpuruk pasca pandemi.

"Kerinduan inilah yang sudah kami rasakan, terutama ketika pandemi Covid-19 yang mendera Indonesia telah membuat semua aktivitas sosial masyarakat menjadi terhenti. Kini kami berharap tren Covid-19 akan terus melandai sehingga membuat aktivitas para seniman dan pekerja kreatif akan semakin tumbuh dengan diawali balkonjazz kali ini," ungkapnya.

Ditambahkan Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Gas Negara (PGN) Tbk, Rachmat Hutama, festival yang melibatkan banyak pihak ini menjadi cara untuk menguatkan antar stakeholders. Bahkan memperkuat gagasan besar ekosistem pengembangan lingkungan, sosial dan pemerintahan.

"Kami melihat Balkonjazz Festival ini menjadi aktivitas nyata dalam mendukung dan mengembangkan ekonomi masyarakat yang mandiri serta ramah lingkungan," ungkapnya.

Kepala Desa Karangrejo, M Hely Rofikun menambahkan, Balkonjazz PGN Karangrejo menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar. Tak hanya pemilik homestay namun para pengemudi ojek serta pemilik lahan parkir serta warung-warung makan di Dusun Bumen Jelapan dan Kretek 1.

"Karena parkir kendaraan di kawasan yang berjarak sekitar 200 hingga 500 meter dari acara maka bagi pengunjung yang ingin naik ojek kami siapkan 70 unit ojek dari warga Desa Karangrejo," imbuhnya.

Reporter: Yvesta Ayu
Editor: Purnawan Setyo Adi

BACA JUGA Buruh Jogja Tuntut Sultan Ground untuk Perumahan, Danais untuk Beasiswa Pekerja dan kabar terbaru lainnya diKILAS.

Topik Menarik