Pemkot Salatiga Gelar Upacara Hardiknas, Peserta Kenakan Busana Adat

Pemkot Salatiga Gelar Upacara Hardiknas, Peserta Kenakan Busana Adat

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 13 Mei 2022 - 14:19
share

SALATIGA, iNews.id - Pemkot Salatiga menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Jumat (13/05/2022). Semua peserta upacara diwajibkan mengenakan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Upacara dipimpin Wali Kota Salatiga Yuliyanto. Dalam upacara, Yuliyanto membacakan pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim.

Menurutnya, dalam kurikulum merdeka yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi Covid-19, ternyata terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.

Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan, kata Yuliyanto.

Dikatakannya, anak-anak sekarang tidak perlu khawatir dengan tes kelulusan. Sebab asesmen nasional yang sekarang digunakan tidak bertujuan untuk menghukum guru atau murid.

Hal ini sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar, supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan, katanya.

Dirinya mengajak untuk para penggerak Merdeka Belajar agar terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama dan bergerak untuk Merdeka Belajar.

Topik Menarik