Sering Bawa Hp Ke Kamar Mandi? Waspada Ternyata Banyak Bahaya yang Mengintai, Ngeri!

Sering Bawa Hp Ke Kamar Mandi? Waspada Ternyata Banyak Bahaya yang Mengintai, Ngeri!

Gaya Hidup | herstory | Jum'at, 13 Mei 2022 - 13:00
share

Saat ini, HP seolah-olah menjadi salah satu barang yang harus dibawa kemanapun, bahkan saat ke kamar mandi. Padahal, kebiasaan ini sebenarnya tidak baik buat kesehatan lho.

Pasalnya, membawa HP ke toilet sama dengan menjemput bakteri penyebab penyakit untuk masuk ke tubuh kamu. Berikut adalah beberapa bahaya dari membawa HP ke kamar mandi, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (13/5/2022).

1. Kamar Mandi Sumber Bakteri

Meski dibersihkan setiap hari, kamar mandi tetap menjadi sarang bakteri dan organisme lainnya yang tak kasat mata. Terlebih jika kamar mandi digunakan oleh banyak orang.

Mulai dari gagang pintu, dudukan toilet, tuas pembilas (flush), toilet jet spray, hingga keran air bisa menjadi sarang kuman. Efek membawa HP ke toilet berpotensi memindahkan dan menambahkan kuman ke dalam genggaman.

2. Handphone Juga Sumber Bakteri

Sebelum membawa HP ke toilet, kamu perlu tahu bahwa gawai sendiri merupakan salah satu benda yang paling sering menjadi tempat bakteri berkembang biak. Mengapa? Ini karena HP sering kali digunakan dan diletakkan di tempat yang belum tentu bersih.

Menurut penelitian, telepon seluler merupakan benda yang paling terkontaminasi bakteri bila dibandingkan dengan tempat duduk toilet. Karena itu, efek membawa HP ke toilet dapat meningkatkan risiko terjadi kontaminasi bakteri.

3. Memicu Gangguan Pencernaan

Salah satu bakteri yang mungkin menempel di telepon seluler adalah bakteri Salmonela, penyebab utama dari penyakit yang disebarkan melalui makanan. Selain itu, terdapat pula bakteri Clostridium difficile. Keduanya dapat menyebabkan gangguan di saluran pencernaan.

4. Memicu Masalah di Kulit Wajah

Selain bakteri pemicu gangguan cerna, terdapat bakteri kelompok Staphylococcus. Hal inilah yang menyebabkan masalah di wajah sebagai efek membawa HP ke toilet.

5. Menjadi Distraksi Saat Proses Buang Air Besar

Membawa HP ke toilet membuat kamu semakin lama duduk di toilet akibat terdistraksi. Secara tak sadar, menggunakan handphone saat duduk di kamar mandi dapat meningkatkan tekanan di anus. Akibatnya, risiko terjadinya hemoroid atau ambeien pun meningkat.

6. Membuat Otak Lelah

Meski ingin produktif atau mendapatkan ide, bukan berarti harus membawa HP ke toilet. Kebiasaan ini membuat otak akan semakin lelah karena berkutat dengan e-mail, membalas chat, dan sebagainya.

Jika harus terpaksa membawa HP ke toilet, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

- Selalu mencuci tangan

- Hindari menyentuh langsung gagang pintu

- Jika tidak ada sabun dan air, gunakan cairan pembersih berbahan dasar alkohol untuk membersihkan tangan

- Bersihkan area permukaan HP dengan menggunakan alkohol atau pembersih khusus layar HP

Topik Menarik