5 Tips dari Ahli Gizi Mengembalikan Pola Makan Sehat usai Ramadan

5 Tips dari Ahli Gizi Mengembalikan Pola Makan Sehat usai Ramadan

Gaya Hidup | genpi.co | Jum'at, 13 Mei 2022 - 13:00
share

GenPI.co Kaltim - Berikut adalah 5 tips mengembalikan pola makan yang lebih baik untuk menjaga kesehatan setelah Ramadan dan Lebaran.

Saat ini, kamu sudah saatnya kembali menjaga pola makan yang sehat. Sebab, sebelumnya saat Ramadan sering menyantap makanan berlemak seperti gorenganuntuktakjil berbuka puasa.

Berikut ini adalah tips untuk mengembalikan pola makan sehat usai Ramadan dan Lebaran, menurut spesialis Gizi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) dr. Elfina Rachmi, MGizi, SpGK.

1. Perhatikan konsumsi gula, garam, dan minyak

Tips pertama yang bisa kamu lakukan yaitu membatasi konsumsi gula, garam, minyak, serta tajin memantau berat badan.

Selain itu, cek kesehatan secara rutin, istirahat yang cukup, dan kelola stres dengan baik.

2. Prinsip diet

Ikuti pola makan sehat 4J yakni Jumlah, Jadwal, Jenis, dan Jurus Masak.

Jumlah yang cukup dan diet seimbang sesuai kebutuhan, jadwal yang teratur agar proses metabolisme terjaga dengan baik, serta jurus memasak yang sehat dengan memilih pengolahan bervariasi.

"Seperti kukus, rebus, panggang, pepes daripada menggoreng. Menggoreng sebaiknya maksimal dua kali seminggu," kata Elfina.

3. Pemilihan jenis makanan

Pastikan semua zat gizi makronutrien (karbohidrat, protein atau lemak), mikronutrien (vitamin mineral) dan cairan harian terpenuhi. Pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum atau oatmeal.

Pilih lemak dari sumber lemak baik dan kurangi lemak jenuh seperti gorengan atau junk food. Perhatikan juga asupan serat yang bisa didapatkan dari sayur dan buah-buahan.

4. Pemenuhan cairan

Pastikan minum air sebanyak dua liter atau delapan gelas sehari.

Minimalisir minuman manis, bersoda dan yang mengandung kafein secara berlebihan, seperti kopi, karena menyebabkan lebih sering buang air kecil dan dapat menghambat penyerapan kalsium.

5. Aktivitas dan latihan fisik

Target olahraga sebaiknya tiga sampai lima kali seminggu.

Mulai lah dengan olahraga yang ringan hingga sedang seperti jalan kaki di sekitar rumah untuk melenturkan otot-otot yang telah lama tidak dilatih, baru kemudian atur jadwal olahraga sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh.

Lihat video seru ini:

Topik Menarik