Kejuaraan Selancar Dunia Digelar Mulai 26 Mei, Menparekraf: Jangan Lupa Menyaksikannya!

Kejuaraan Selancar Dunia Digelar Mulai 26 Mei, Menparekraf: Jangan Lupa Menyaksikannya!

Gaya Hidup | okezone | Jum'at, 13 Mei 2022 - 10:43
share

AJANG selancar paling bergengsi dunia, World Surf League (WSL) Championship Tour, akan digelar di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi, Jawa Timur, pada 26 Mei-4 Juni 2022.

Jelang digelarnya acara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penuh hal tersebut.

Saya mengajak wisatawan untuk datang menyaksikan ajang olahraga surfing paling bergengsi di dunia, ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandiaga menjelaskan, WSL sudah masuk dalam Calender of Event Internasional yang dirilis Kemenparekraf. Untuk itu, pihaknya siap mendukung penuh kesuksesan event yang bakal digelar pada 27 Mei-6 Juni 2022.

infografis

Ini event kelas dunia, kalau kita bicara desain besar olahraga nasional, olahraga selancar atau surfing mestinya masuk ke dalamnya. Lantaran sudah masuk olimpiade, dan kita punya ombak terbaik di dunia. Dengan karakteristik G-Land memiliki ombak kiri terbaik di dunia dengan panjang gelombang bisa mencapai 2 kilometer, ujar Sandiaga.

WSL merupakan Liga selancar paling bergengsi di dunia. Dengan social engagement tertinggi ketiga untuk ajang olahraga setelah NBA dan NFL (liga football AS), mengalahkan MotoGP yang berada di posisi 9.

Kita akan menyelenggarakan lomba surfing internasional yang bisa diibaratkan sebagai piala dunianya para selancar dunia setelah mereka mengikuti beberapa series sebelumnya di Hawai, Australia, Portugal, dan mereka akan hadir di Banyuwangi, ujar Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga juga mengajak wisatawan untuk hadir menyukseskan ajang olahraga tingkat internasional tersebut. Hal ini juga untuk tujuan membangkitkan ekonomi di sektor pariwisata, khususnya di Banyuwangi.

Kita akan all out mendukung WSL CT di G-Land ini, karena ini akan menggerakan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Banyuwangi sebagai kabupaten dengan tingkat kemiskinan yang paling rendah di Indonesia. Jadi jangan lupa datang ke Banyuwangi tepatnya di Taman Nasional Alas Purwo Pantai G-Land, 27 Mei hingga 6 Juni 2022. Saksikan keseruan para peselancar menaklukkan ombak kiri terbaik di dunia dengan barrel yang panjang, ujar Sandiaga.

WSL akan menghadirkan 24 peserta pria dan 12 peserta wanita. Satu di antaranya adalah Gabriel Medina yang merupakan peselancar asal Brazil peraih 3 gelar juara dunia. Peselancar nasional asal Indonesia Rio Waida pun diharapkan bisa tampil dalam turnamen tersebut.

Topik Menarik