Catat Nih, Ahli Gizi Berikan 5 Tips Kembalikan Pola Makan Sehat Usai Lebaran, Coba Terapkan Yuk!

Catat Nih, Ahli Gizi Berikan 5 Tips Kembalikan Pola Makan Sehat Usai Lebaran, Coba Terapkan Yuk!

Gaya Hidup | herstory | Jum'at, 13 Mei 2022 - 10:00
share

Saat Hari Raya Idulfitri atau hari lebaran, menu makanan yang disajikan kebanyakan mengandung banyak lemak dan bersantan. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan tersebut tentu enggak baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, penting untuk kembali mengatur pola makan sehat setelah lebaran supaya tubuh tetap sehat dan terhindar dari bahaya penyakit.

Selama Ramadan 2022, masyarakat telah memenuhi berbagai kebutuhan melalui Tokopedia Ramadan Ekstra dan banyak kampanye lainnya.

Hal ini mendorong Makanan dan Minuman (makmin), Fesyen dan Rumah Tangga menjadi kategori favorit masyarakat, ungkap Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya pada Kamis (12/5/2022).

Madu, kue kering dan kopi adalah produk makmin terlaris di Tokopedia Nyam!. Sedangkan mi instan jadi menu penyelamat sahur favorit di Tokopedia NOW!, tambahnya.

Tokopedia bersama Ahli Gizi, dr. Elfina Rachmi, MGizi, SpGK membagikan lima tips kembalikan pola makan sehat usai Ramadan dan Lebaran. Yuk, simak baik-baik, ya!

Perhatikan Konsumsi Gula, Garam, dan Minyak

Batasi gula, garam dan minyak, serta rajin memantau berat badan. Selain itu, cek pula kesehatan secara rutin, istirahat yang cukup dan kelola stres dengan baik.

Prinsip Diet

Ikuti pola makan sehat 4J, yaitu Jumlah, Jadwal, Jenis dan Jurus Masak. Jumlah yang cukup dan diet seimbang sesuai kebutuhan, jadwal yang teratur agar proses metabolisme terjaga dengan baik, serta jurus memasak yang sehat dengan memilih pengolahan bervariasi, seperti kukus, rebus, panggang, pepes daripada menggoreng. Menggoreng sebaiknya maksimal 2 kali seminggu.

Pemilihan Jenis Makanan

Pastikan semua zat gizi makronutrien (karbohidrat, protein atau lemak), mikronutrien (vitamin mineral) dan cairan harian terpenuhi.

Pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum atau oatmeal. Pilih lemak dari sumber lemak baik dan kurangi lemak jenuh seperti gorengan atau junk food. Perhatikan juga asupan serat yang bisa didapatkan dari sayur dan buah-buahan.

Pemenuhan Cairan

Pastikan minum air sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari. Minimalisir minuman manis, bersoda dan yang mengandung kafein secara berlebihan, seperti kopi, karena menyebabkan lebih sering buang air kecil dan dapat menghambat penyerapan kalsium.

Aktivitas dan Latihan Fisik

Target olahraga sebaiknya 3-5 kali seminggu. Mulailah dengan olahraga yang ringan hingga sedang seperti jalan kaki di sekitar rumah untuk melenturkan otot-otot yang sudah lama enggak dilatih, baru kemudian atur jadwal olahraga sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengembalikan pola makan sehat usat puasa dan lebaran. Semoga bemanfaat!

Topik Menarik