Sudah 7 Anak Meninggal di Indonesia, Mungkinkah Hepatitis Misterius Jadi Pandemi?

Sudah 7 Anak Meninggal di Indonesia, Mungkinkah Hepatitis Misterius Jadi Pandemi?

Gaya Hidup | okezone | Jum'at, 13 Mei 2022 - 09:51
share

KASUS hepatitis misterius memang menjadi kewaspadaan di seluruh dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menduga hepatitis misterius tersebut terjadi karena mutasi adenovirus dan Covid-19.

Di Indonesia sendiri kasus tersebut sudah banyak ditemukan, bahkan ada 7 anak meninggal diduga akibat hepatitis misterius. Kasus suspect terus dilaporkan di banyak negara, termasuk di Indonesia.

Hepatitis misterius menjadi ancaman baru di saat Covid-19 mulai terkendali, pemerintah dan para ahli masih terus berjuang mencari penyebab utama penyakit ini sehingga pencegahan dapat dilakukan secara maksimal. Lantas, apakah hepatitis misterius bisa dikategorikan sebagai pandemi?

Untuk menilai suatu penyakit dikategorikan sebagai pandemi, menurut Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman, ada beberapa indikator yang harus terpenuhi. Salah satu indikatornya adalah penyakit harus mengancam semua kalangan manusia dan usia.

"Sedangkan fakta di lapangan sejauh ini menjelaskan, hepatitis misterius prevalensi kasusnya lebih banyak dialami anak-anak. Kasus pada orang dewasa sangat jarang dilaporkan," terang Dicky pada MNC Portal, Jumat (13/5/2022).

"Artinya, indikator bahwa penyakit harus mengancam semua golongan manusia dan usia tidak berlaku di hepatitis misterius sejauh ini. Jadi, penyakit tersebut sejauh ini belum bisa dikatakan pandemi," tambah Dicky.

Topik Menarik