Loading...
Loading…
5 Ide Kerajinan dari Bambu yang Unik Beserta Cara Membuatnya

5 Ide Kerajinan dari Bambu yang Unik Beserta Cara Membuatnya

Gaya Hidup | indozone.id | Jumat, 13 Mei 2022 - 09:00

Bambu merupakan bahan alam yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi berbagai macam kerajinan. Hal ini karena bambu memiliki bentuk yang kokoh dan mudah dipotong.

Umumnya, bambu digunakan untuk menjadi bahan panggul gerobak, piring alas, hiasan dinding, hiasan lampu, dan sebagainya. Namun, pernahkah kamu melihat kerajinan dari bambu yang unik dan kekinian?

Nah, INDOZONE merangkum nih, beberapa ide kerajinan bambu unik beserta cara membuatnya untuk kamu.

Berikut ini listnya. 1. Gelas Gelas bambu (lazada.co.id)

Selain kaca, plastik, dan stainless, gelas juga bisa dibuat dari bambu. Tentu ini bukanlah suatu hal yang umum. Jika kamu ingin membuat gelas dari bambu, berikut ini cara yang bisa kamu ikut: Pilih bambu yang memiliki ukuran besar. potong bagian atas, lalu haluskan. Rapikan samping dan dalam untuk menghilangkan serat bambu. Lem kayu tambahan sebagai pegangan. Amplas bagian luar dan dalam sampai halus. 2. Pigura Pigura bambu (rkb.id)

Kerajinan dari bambu yang bisa kamu buat berikutnya adalah pigura. Foto akan menjadi unik bila bambu dijadikan piguranya.

Namun, kamu juga perlu menyesuaikan hal ini dengan suasana rumah agar bisa mendapatkan hasil yang serasi. Ini cara membuatnya: Siapkan bambu berukuran sedang, lalu gunakan bagian ujung bambu. Potong bambu sama panjang sesuai kebutuhan Amplas bambu untuk menghilangkan kotoran dan serat berlebih Cat bambu yang sudah dibersihkan dengan warna sesuai keinginan Susun dan rekatkan antar bagian bambu b Bentuk bambu jadi kotak dengan lem Pastikan keseluruhan bagian terhubung agar bisa menjadi pigura 3. Tatakan Gelas Tatakan gelas bambu (bukalapak.com)

Baca Juga :
11 Ide Kerajinan dari Botol Bekas yang Keren dan Mudah Dibuat. Bisa Jadi Potensi Bisnis!

Jika biasanya tatakan gelas terbuat dari karet yang anti slip atau kain, kini, bambu juga bisa bahan untuk membuat tatakan gelas. Cara membuatnya pun cukup mudah, seperti ini: Siapkan bambu yang telah dianyam sebanyak 2 lembar kecil-kecil seukuran tatakan gelas Siapkan potongan kayu kecil berbentuk bulat yang dipotong setengah persegi sebanyak 4 buah Gabungkan anyaman 2 lembar tadi Gabungkan pula kayu kecil berbentuk bulat dengan potongan setengah persegi tadi menjadi bentuk persegi 4. Sedotan Sedotanbambu (blibli.com)

Semenjak semakin maraknya kesadaran manusia akan lingkungan, sampah plastik mulai dikurangi. Salah cara untuk menggantikan plastik adalah dengan bambu.

Baca Juga :
Kerajinan Bahan Keras Alami, Buatan dan Contohnya

Sedotan plastik yang dulunya lumrah, sekarang semakin dikurangi produksinya. Sedotan ini digantikan dengan yang lebih ramah lingkungan seperti bambu. Ini cara membuat sedotan dari bambu: Potong bambu berukuran sedang Buat potongan tersebut menjadi sedotan Amplas hingga halus dan serat kayu berkurang 5. Bingkai Cermin Bingkai Cermin(dictio.id)

Selain beberapa ide kerajinan dari bambu di atas, kamu juga bisa mencoba membuat bingkai cermin dari bambu. Cara membuatnya pun cukup mudah, seperti berikut: Potong bambu berukuran sedang secara kecil-kecil. Susun potongan bambu berbentuk lingkaran kecil di pinggir kaca, pastikan kamu menyusun dengan formasi sesuai.

Selain dengan model seperti pada foto di atas, kamu juga bisa mengkreasikannya dengan berbagai macam bentuk sesuai dengan keinginan.

Beberapa kerajinan bambu di atas bisa kamu coba di rumah, hanya tinggal menyiapkan bambu dan bahan-bahan pendukung lainnya. Selamat mencoba! Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik

{