Loading...
Loading…
Mau Long Weekend ke Yogyakarta, Ini Rekomendasi Tempat Oleh-Oleh Selain Bakpia!

Mau Long Weekend ke Yogyakarta, Ini Rekomendasi Tempat Oleh-Oleh Selain Bakpia!

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Jumat, 13 Mei 2022 - 09:00

Selain Bali, Yogyakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang tak pernah sepi didatangi para wisatawan. Apalagi jika banyak momen long weekend seperti sekarang ini. Aksesnya yang mudah dijangkau, membuat Yogyakarta selalu jadi tujuan favorit untuk short gateway dari rutinitas kerja. Nah, sebelum kembali ke aktivitas, jangan lupa beli oleh-oleh sebagai kenang-kenangan. Jika masih bingung, berikut beberapa rekomendasi tempat oleh-oleh di Jogja yang bisa menjadi alternatif untukmu. Hamzah Batik

@ hamzahbatikofficial

Sudah tak asing lagi, batik jadi salah satu cinderamata khas Yogyakarta yang wajib kamu lirik. Hamzah Batik atau yang juga dikenal dengan nama Mirota Batik, bisa jadi salah satu pilihan tempat untuk memilih batik sesuai yang kamu suka .

Mudah dicari, Hamzah Batik berlokasi di Jalan Malioboro dan memiliki tiga lantai. Untuk koleksi batiknya sendiri, kamu bisa langsung menuju lantai 3, di mana kamu akan mendapati berbagai pakaian batik mulai dari potongan tradisional hingga modern dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas.

Selain menjual batik, toko milik Hamzah Sulaeman, yang juga pemilik dari Rumah Makan Raminten ini juga menjual aneka jenis oleh-oleh, seperti jajanan tradisional khas Yogyakarta, minuman tradisional, hingga produk kerajinan tangan. Chocolate Monggo

Baca Juga :
Perjalanan Bakpia Kukus Tugu Jogja, Rajai Oleh-Oleh Bakpia Kukus Favorit Yogyakarta

@ chocolatemonggo

Selain bakpia pathok, Chocolate Monggo jadi salah satu makanan asli Yogyakarta yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Artisan coklat lokal yang sudah berdiri sejak 2005 ini berada di Jalan Ndalem, Kotagede.Di toko tersebut terdapat beragam jenis oleh-oleh serba berbahan dasar cokelat yang bisa kamu pilih, mulai dari coklat batangan, biskuit cokelat, hingga kue coklat. Jenis cokelatnya pun sangat bervariasi, ada dark chocolate dengan persentase 86%, rosella, matcha , serta white chocolate .

Menariknya, di sini juga terdapat Monggo Museum, di mana kamu akan mendapat belajar seputar sejarah cokelat. Mulai dari ditemukannya cokelat oleh Suku Maya sampai bagaimana pengolahan Couverture Chocolate oleh Monggo itu sendiri.

--------------------------------------- SPLIT PAGE --------------------------------------- Yogyatorium Dagadu Djokdja

@ dagadudjokdja

Dagadu Djokdja merupakan clothing brand lokal yang bisa jadi pilihan oleh-oleh yang pasti disukai anak muda. Berlokasi di Pusat Kerajinan Perak Kotagede, Dagadu Djokdja memiliki beragam koleksi menarik seperti gantungan kunci, sandal, kaos, jaket, buku, hingga dompet.

Baca Juga :
Libur Long Weekend, Ini 4 Destinasi Wisata yang Sudah Terapkan Protokol Kesehatan

Salah satu yang membuat Dagadu Djokdja ini menarik dan unik adalah pada desain kaosnya. Di mana pada kaosnya terdapat quote menggelitik khas Jogja, seperti Duel Mangut yang merupakan plesetan dari duel maut, tapi kata maut diganti mangut yang diambil dari mangut lele,salah satu makanan tradisional khas daerah Bantul, Yogyakarta. Sentra Kerajinan Perak Kotagede

Selain batik, Yogyakarta juga terkenal dengan kerajinan peraknya. Bila kamu ingin membeli oleh-oleh berupa perhiasan maupun pajangan dari perak, maka bisa langsung menuju Sentra Kerajinan Perak Kotagede.

Di sana kamu akan banyak menemukan para pengrajin serta toko yang menjual berbagai hasil kerajinan perak. Jika beruntung, kamu pun bisa melihat langsung proses pembuatan perhiasan perak, lho! Gerabah Kasongan

Terakhir, jika kamu ingin memberi oleh-oleh berupa produk hasil kerajinan tangan maka pusat gerabah di Desa Kasongan, Bantul, Yogyakarta adalah tempat yang wajib dikunjungi. Mayoritas warga Kasongan merupakan pengrajin gerabah dan memajang hasil buatan tangannya di rumah mereka untuk dijual.

Gerabah yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang patut untuk dipertimbangkan. Mulai dari guci, patung binatang, hingga patung tokoh pewayangan, semua bisa kamu temukan di sini. Selain itu, kamu juga bisa mengisi waktu liburan dengan belajar membuat gerabah di pusat pelatihan gerabah yang ada di desa tersebut, lho!

Itu tadi beberapa rekomendasi tempat oleh-oleh di Jogja yang unik dan wajib untuk dikunjungi!

Original Source

Topik Menarik