Loading...
Loading…
Peternak Sultra Waspada, Dokter Ungkap Ciri Sapi Terinfeksi PMK

Peternak Sultra Waspada, Dokter Ungkap Ciri Sapi Terinfeksi PMK

Gaya Hidup | genpi.co | Jumat, 13 Mei 2022 - 08:00

GenPI.co Sultra - Hewan ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bisa dikenali dari sejumlah tanda klinis.

Ciri tersebut disampaikan Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sulawesi Tenggara (Sultra) drh Putu Nara Kusuma.

Dr Putu Nara menjelaskan sejumlah tanda klinis yang dimaksud, antara lain; demam tinggi mulai 39 hingga 40 derajat Celsius, keluar lendir berlebihan dari mulut hewan, dan berbusa.

Selain itu terdapat luka seperti sariawan pada rongga mulut dan lidah, luka pada kuku dan diakhiri lepasnya kuku, kaki pincang, sulit berdiri, dan gemetar.

Ciri lainnya adalah tidak mau makan, napas cepat, produktivitas seperti produksi susu turun drastis, hingga (tubuh) kurus, katanya, Rabu (11/5).

Dia mengungkapkan, penyakit tersebut bisa menyebar melalui udara, kontak langsung dengan hewan yang sudah terinfeksi, bekas makanan, dan kontak dengan feses.

Meskipun penyakit ini tidak menular langsung kepada manusia, tetap harus diwaspadai karena pada hewan ternak penyebarannya sangat cepat, ungkapnya.

Ketika manusia bersentuhan langsung dengan hewan terinfeksi PMK, dirinya menyarankan untuk langsung membersihkan diri dengan detergen atau disinfektan.

Baca Juga :
Patroli PMK, Satgas Pangan Sidoarjo Larang Peternak Jual Hewan ke Luar Daerah

Kita sama-sama melakukan upaya antisipasi dan jangan terjadi kepanikan di masyarakat, tegasnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat peternak jika mendapati gejala PMK pada hewan ternak agar secepatnya menghubungi petugas kesehatan hewan di lingkungan terdekat.

Atau dapat dikonsultasikan kepada pemerintah setempat untuk dicarikan alternatif atau solusi, imbaunya. (ant)

Video viral hari ini:

Original Source

Topik Menarik

{
{