Loading...
Loading…
Muncul Rasa Ingin Makan Tanpa Henti? Ini 5 Cara Mengontrol Nafsu Makan Berlebih

Muncul Rasa Ingin Makan Tanpa Henti? Ini 5 Cara Mengontrol Nafsu Makan Berlebih

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Jumat, 13 Mei 2022 - 08:00

Setiap orang memiliki nafsu makan yang berbeda-beda. Ada yang mudah mengendalikannya, namun tak sedikit pula yang kesulitan menahannya.Mungkin tak sedikit dari kita yang sering menambah porsi makanan atau bahkan melanjutkan camilan tepat setelah mengonsumsi makanan berat.

Padahal mengonsumsi makanan berlebihan dan minim nutrisi bisa membahayakan kesehatan, lho! Agar nafsu makan tetap terkontrol sehingga tubuh senantiasa sehat, yuk, simak tipsnya berikut ini! Makan cukup kalori

Setiap harinya, tubuh membutuhkan asupan kalori dan nutrisi agar tubuh tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Daripada mengonsumsi banyak makanan, sebaiknya perhatikan jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Namun, beberapa penelitian justru menunjukkan pembatasan kalori dalam jangka pendek dapat meningkatkan keinginan yang kuat untuk mengonsumsi makanan tertentu.

Di sisi lain, penelitian lainnya menunjukkan pembatasan kalori jangka panjang justru berpengaruh dengan keinginan makan yang lebih sedikit. Oleh karena itu, cobalah konsisten mengonsumsi makanan sehat dengan kalori yang cukup. Tapi pastikan tidak terlalu kejam saat membatasi kalori, ya! Hindari diet ketat

Baca Juga :
Waspada Polyphagia, Salah Satu Gejala Utama Diabetes, Ini Pemicunya Beauty!

Tak jarang, orang memulai diet dengan mengubah pola makan secara drastis. Sayangnya, di kebanyakan kasus, hal ini hanya bertahan beberapa hari hingga akhirnya menjadi semakin mengidam makanan tertentu. Meskipun normal, tapi diet yang terlalu ketat tak dipungkiri dapat menyebabkan meningkatnya keinginan untuk makan dibandingkan orang yang tidak diet, lho!

Jadi, meskipun kehilangan kelebihan lemak tubuh dapat meningkatkan kesehatan, tapi penting juga menghindari diet yang terlalu ketat untuk mencegah keinginan makan berlebih. Konsumsi makanan padat nutrisi

Cara lainnya untuk mengendalikan nafsu makan sekaligus merasa kenyang lebih lama adalah dengan menikmati makanan yang meningkatkan perasaan kenyang. Kamu bisa mendapatkannya dengan memenuhi asupan makronutrien yang terdiri dari lemak, karbohidrat, dan protein.

Faktanya, mengonsumsi lebih banyak nutrisi dapat membantu mengelola keinginan makan berlebih. Mulai sekarang, biasakan mengombinasikan makanan kaya protein dengan lemak sehat dan karbohidrat kaya serat untuk meningkatkan rasa kenyang.

--------------------------------------- SPLIT PAGE --------------------------------------- Kelola stres dengan baik

Baca Juga :
Mau Diet? Begini Cara Mengurangi Nafsu Makan!

Selama mengalami stres, tak sedikit orang yang memikirkan atau meraih makanan tertentu. Nyatanya, stres dengan meningkatnya keinginan untuk makan memang terbukti saling berkaitan dalam beberapa penelitian. Kondisi ini bisa terjadi ketika seseorang mengalami stres kronis yang merusak sistem tubuh dan kadar hormon yang terkait dengan kontrol nafsu makan.

Jika tidak diatasi, kondisi ini bisa menyebabkan risiko lebih besar, seperti obesitas. Untuk menghindarinya, coba lakukan beberapa tips untuk meredakan stres sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan hasrat makan yang tinggi menjadi menurun. Tidur yang cukup

Mengalami keinginan makan di malam hari juga kerap kali terjadi pada banyak orang. Jika memilih untuk makan, tentu saja akan berdampak pada kesehatan yang juga mempengaruhi kurangnya tidur.

Berdasarkan sebuah studi, kurang tidur dapat mempengaruhi area tertentu di otak yang secara signifikan dapat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan yang enak dan kaya kalori. Dalam mengatasinya, cobalah mengabaikan keinginan makan di malam hari dan usahakan untuk tidur cukup setidaknya 7 jam per malam.

Original Source

Topik Menarik

{