Loading...
Loading…
Cermati! Ini Tips Memilih Roof Rack bagi Mobil Kesayangan

Cermati! Ini Tips Memilih Roof Rack bagi Mobil Kesayangan

Gaya Hidup | netralnews.com | Jumat, 13 Mei 2022 - 07:16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Setelah mudik lebaran, kendaraan perlu mendapat perawatan. Melalui perjalanan panjang dan berbagai medan, kendaraan pasti mengalami penurunan performa. Mobil, sebagai salah satu jenis kendaraan yang paling sering dipakai untuk mudik lebaran, merupakan kendaraan yang rentan mengalami penurunan performa setelah lebaran. Beberapa pengguna mobil menggunakanroof rackuntuk meningkatkan kemampuan mobil dalam membawa barang.

Pemilihan roof rack untuk menunjang performa mobil dalam mengangkut barang perlu memperhatikan beberapa hal. Sebab, sebagaimana dilansir dari Tempo , roof rack merupakan tambahanaksesorismobilyang sangat bergantung pada kualitasnya. Apabila kualitas roof rack tidak baik, performa mobil dalam mengangkut barang pun tidak baik pula.

Beberapa hal perlu diperhatikan sebelum memilih untuk membeli roof rack mobil. Berikut tips memilih roof rack mobil:

Berat Maksimal yang Mampu Dibawa Kendaraan

Setiap mobil memiliki batas maksimal yang berbeda-beda dalam mengangkut beban. Batas maksimal dalam mengangkut beban ini perlu diperhatikan sebelum memilih untuk memasang roof rack. Sebab, memasang roof rack berarti menambah beban yang mampu dibawa mobil. Apabila penambahan beban ini tidak memperhatikan berat maksimal yang mampu dibawa mobil, pemasangan roof rack dapat merusak struktur atap mobil.

Baca Juga :
Citroen My Ami Buggy, Citycar Ramah Lingkungan Sanggup Keluar Aspal

Cermati Struktur Roof Box

Pemasangan roof rack umumnya disertai dengan roof box. Pemasangan roof box ini berpengaruh terhadap struktur aerodinamis mobil. Akibatnya, laju mobil mungkin sedikit lambat ketika menerjang angin atau melaju dalam kecepatan tinggi. Tidak hanya itu, roof box yang memengaruhi struktur aerodinamis mobil juga membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Sebab, mobil memerlukan tenaga lebih besar karena struktur aerodinamisnya lebih besar. Karena itu, struktur roof box perlu diperhatikan ketika memasang roof rack.

Bahan Roof Rack

Berbagai jenis roof rack memiliki pilihan bahan yang berbeda-beda. Pilihan bahan yang terbaik untuk roof rack adalahbaja. Sebab, baja memiliki struktur yang kuat dan massa yang ringan. Namun, baja tentu memiliki harga yang lebih mahal dibanding roof rack dengan jenis bahan lainnya.

Original Source

Topik Menarik

{
{