Loading...
Loading…
Pentingnya Ventilasi dan Paparan Sinar Matahari di Tengah Covid-19

Pentingnya Ventilasi dan Paparan Sinar Matahari di Tengah Covid-19

Gaya Hidup | jawapos | Kamis, 25 Juni 2020 - 17:23

JawaPos.com Berbagai penelitian membuktikan sinar matahari dan ventilasi udara yang baik di dalam rumah bisa mencegah terjadinya penyakit. Sebab sirkulasi udara di dalam rumah akan menjadi lebih sehat. Apalagi di masa pandemi Covid-19, setiap rumah disarankan agar membuat paparan sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dokter Reisa Broto Asmoro menjelaskan, dalam menghadapi adaptasi kehidupan baru, salah satu yang harus diperhatikan oleh pengelola perkantoran, gedung pertemuan, pusat perbelanajaan bahkan rumah, adalah harus memastikan ruang ventilasi yang baik. Selain penting bagi sisi kesehatan, ruangan dengan sistem udara maksimal biasanya punya cross ventilation atau dua bukaan yang bisa mengalirkan udara.

Sehingga letaknya yang bersebrangan, cross ventilation akan meminimalisir udara menjadi stagnan di suatu ruangan, kata dokter Reisa dalam konferensi pers, Kamis (25/6).

Menurutnya, ventilasi silang dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan serta mendukung gaya hidup yang produktif dan sehat. Dengan ventilasi silang pemilik rumah dapat menghemat penggunaan pendingin ruangan atau AC karena selalu memberikan hembusan yang sejuk.

Dan membiarkan sinar matahari masuk ke rumah sangat dianjurkan. Sinar matahari yang masuk ke dalam rumah dapat bantu meningkatkan kesehatan. Ruangan yg terpapar sinar ultraviolet dapat menurunkaan risiko penyakit gangguan pernapasan.

Dan tubuh dapatkan manfaat vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan jantung, jelasnya.

Dokter Reisa juga menegaskan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan, virus Korona ditularkan droplet yang dihasilkan dari seseorang yang tertular virus Korona ketika batuk dan bersin. Atau pada benda-benda yang disentuh bersama. Tetapi tidak menular lewat udara.

Karena itu jaga jarak punya dampak terbesar dalam risiko penularan, memakai masker cara yang paling efektif cegah droplet terpapar ke orang lain. Dan menjadi lebih yakin dengan cuci tangan dengan sabun bisa membunuh kuman termasuk virus Covid-19, tandasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Original Source

Topik Menarik