Kolesterol Melonjak Tinggi Usai Lebaran? Tenang, 5 Buah Ini Bisa Jadi Solusinya!

Kolesterol Melonjak Tinggi Usai Lebaran? Tenang, 5 Buah Ini Bisa Jadi Solusinya!

Gaya Hidup | herstory | Rabu, 11 Mei 2022 - 10:15
share

Setelah Hari Raya Idulfitri atau hari lebaran, banyak orang yang mengeluhkan kalau kadaar kolesterolnya naik drastis. Hal ini dikarenakan santapan makanan lebaran yang banyak mengandung lemak jahat dan bersantan.

Jika enggak ditangani dengan serius, kolesterol tinggi bisa menjadi pemicu komplikasi masalah kesehatan lain, seperti penyakit jantung hingga stroke.

Melansir dari berbagai sumber (11/5/2022), untuk mengatasi kadar kolesterol yang tinggi setelah lebaran, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan yang sehat.

Berikut ini beberapa buah yang disebut ampuh membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Stroberi

Stroberi adalah sumber antioksidan yang menjadikannya elemen penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Sebuah studi membuktikan bahwa stroberi sangat efektif untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam aliran darah jika dikonsumsi setiap hari.

Anggur merah

Sebuah penelitian membuktikan bahwa anggur merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 14 persen jika dikonsumsi setiap hari dalam jangka waktu enam minggu.

Apel

Mengonsumsi satu atau dua buah apel sehari setidaknya dapat menurunkan kolesterol jahat dan menjaga jantung tetap sehat.

Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat bernama asam oleat yang membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Jeruk

Jeruk diketahui mengandung pektin yang menghentikan kolesterol jahat diserap dalam sistem pencernaan dan ditransfer ke aliran darah. Pastikan makan atauu mengemil jeruk segar setiap hari.

Nah, itulah beberapa buah yang disebut mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Mauu coba?

Topik Menarik