Loading...
Loading…
Hindari Cemaran Bakteri Listeria Pada Jamur Enoki dengan 5 Cara Mudah

Hindari Cemaran Bakteri Listeria Pada Jamur Enoki dengan 5 Cara Mudah

Gaya Hidup | jawapos | Kamis, 25 Juni 2020 - 16:11

JawaPos.com Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) serta Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) sudah menyelidiki penyebaran infeksi Listeria monocytogenes pada jamur enoki. Peneliti memastikan sejak tanggal 9 Juni lalu tak ada lagi laporan infeksi setelah semua pasokan jamur dari Korea ditarik. Meski begitu, masyarakat diminta untuk tetap waspada dalam menyimpan jamur enoki.

Dilansir dari laman resmi CDC, Kamis (25/6), berbagai cara bisa dilakukan untuk mengolah dan menyimpan jamur enoki agar terhindar dari cemaran infeksi bakteri. Langkah pasti tentunya cuci dan bersihkan semua permukaan dan wadah. Listeria dapat bertahan dalam suhu dingin dan dapat dengan mudah menyebar ke makanan dan permukaan lainnya.

1. Cuci Bersih Wadah

Cuci permukaan wadah dengan air sabun yang panas. Wadah dicuci dengan air sabun yang panas. Untuk membersihkan permukaan dan wadah , gunakan larutan 1 sendok makan cairan pemutih. Lakukan ini setelah dibersihkan dengan air sabun yang panas.

2. Hindari Jamur Enoki dari Sumber yang Ditarik

FDA merekomendasikan agar pengolah makanan, restoran, dan pengecer yang menerima jamur enoki yang ditarik, agar membersihkan permukaan dan wadah secara ekstra untuk mengurangi risiko kontaminasi silang.

3. Hubungi Dokter Ketika Bergejala

Hubungi penyedia layanan kesehatan jika memiliki memakan produk yang ditarik dan mengalami gejala listeriosis.

4. Bersihkan Kulkas

Wajib untuk membersihkan kulkas secara berkala sehingga tak terjadi kontaminasi silang. Gunakan kantong plastik, air, sabun, dan handuk. Serta air dan pemutih.

5. Cuci Tangan

Cuci tangan dengan air dan sabun setelah selesai membersihkan. Gunakan air panas dan sabun untuk membersihkan meja dapur yang menyimpan makanan, minuman, bagian kulkas, dan bahan pembersih lainnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Original Source

Topik Menarik

{