Loading...
Loading…
Awas Dompet Jebol, Ini Tips Hemat saat Main ke Mal

Awas Dompet Jebol, Ini Tips Hemat saat Main ke Mal

Gaya Hidup | okezone | Kamis, 25 Juni 2020 - 15:43

Memasuki masa PSBB transisi atau yang dikenal dengan istilah new normal, pusat perbelanjaan alias mal diizinkan untuk dibuka kembali. Kembali beroperasi, mal pun disasar warga yang sudah kangen ingin berbelanja secara langsung.

Biasanya, rasa kangen itu menjadi memuncak ketika sudah tiba di tempat tujuan. Alhasil, orang bisa saja terlena dan ingin membeli semua yang mereka lihat yang berujung pada pemborosan.

Menanggapi hal tersebut, Pakar Keuangan Agustina Fitria mengatakan, ada tips tersendiri supaya Anda tidak melakukan keborosan saat ke mal. Simak ya!

1. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Fitria mengatakan, sebelum pergi ke mal, Anda harus menetapkan tujuan terlebih dahulu. Apa tujuan Anda pergi ke mal? Mal mana yang akan dituju? Disarankan agar Anda mengunjungi mal yang terdekat dari rumah karena selain hemat waktu dan ongkos, Anda juga lebih aman terhindari dari virus corona karena perjalanan yang singkat.

"Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Sebelum pergi, tetapkan tujuan untuk apa kita ke mal," jelas Fitria ketika dihubungi Okezone.

2. Catat barang yang ingin dibeli

Setelah menetapkan tujuan, lanjut Fitria, ada baiknya Anda membuat catatan belanja. Ketika sampai di mal, usahakan hanya fokus pada catatan belanja tersebut. Karena semakin Anda melihat benda-benda yang lain, semakin besar pula keinginan Anda untuk membelinya sehingga berujung pada keborosan.

"Buat catatan belanja sebelum bertransaksi. Jika Anda mudah tergoda iklan atau diskon, gunakan transaksi tunai, debit, atau transfer," tuturnya.

Original Source

Topik Menarik